IFBC Banner

Selamatkan Kucing Tersiksa dari Oknum Pedagang Pasar Splendid Malang, Yuk Bantu Dukung Petisinya!

Sabtu, 25 Juni 2022 – 12:01 WIB

Petisi selamatkan kucing tersiksa di Pasar Splendiid Malang. (Foto: Change.org)

Petisi selamatkan kucing tersiksa di Pasar Splendiid Malang. (Foto: Change.org)

JAKARTA, REQnews - Sebuah petisi yang digagas oleh netizen bernama Meigia Aisyah di laman Change.org sukses menyita perhatian para animal lovers hingga ditandatangani nyaris 7.500 orang.

IFBC Banner


Petisi yang ditujukan bagi Pemerintah Kota Malang itu menyuarakan desakan untuk menyelamatkan hewan-hewan seperti kucing dan anjing yang tersiksa dari oknum pedagang tak bertanggung jawab di Pasar Hewan Splendid Malang.

Menurut penuturan Meigia dalam petisi yang dibuatnya, banyak kucing dan anjing di Pasar Splendid ditemukan dalam kondisi mengenaskan. Mereka ditaruh penjual di kandang sempit, kotor, dan berkarat. Banyak yang sakit, tapi dibiarkan saja.

Bahkan ada kucing yang mati setelah beberapa jam diselamatkan oleh cat lovers dari pedagang kucing di Pasar Splendid.

Lebih lanjut, Meigia mengungkap ada juga dalam 1 kandang kecil diisi oleh induk dan anak-anaknya yang cukup banyak sehingga tidak bisa bergerak bebas. Kucing-kucing ini pada pagi hari ditaruh di luar sampai kepanasan dan malam dimasukkan gudang. Belum lagi ada dugaan beberapa kucing yang dijual juga merupakan hasil curian.

"Karena itu, kami bikin petisi ini. Kami sedang ngumpulin dukungan publik. Supaya, Pemkot Malang bikin peraturan standar kelayakan untuk pedagang hewan di Pasar Splendid," demikian tulis Meigia dalam petisinya, dikutip Sabtu, 25 Juni 2022.

"Karena jika memang hendak menjual kucing seharusnya tidak boleh di kandang. Melainkan ditaruh dalam cat room/suatu ruangan. Sehingga, mereka bisa bebas bergerak seharian dan mendapat perlakuan yang layak. Mendapat makan, minum, sanitasi, dan dijaga kesehatannya," lanjutnya.

Petisi ini juga dibuat untuk mendesak agar Pemkot Malang memberi sanksi bagi pedagang hewan yang tidak memperhatikan kesejahteraan hewan. Sebab, hal ini juga sudah melanggar Undang-Undang Perlindungan Hewan dan Peraturan Pemerintah tentang Kesehatan Hewan.

Jika sudah mencapai 10 ribu tandatangan, petisi ini akan disampaikan ke Pemkot Malang untuk menunjukkan bahwa banyak orang peduli pada kucing dan hewan peliharaan yang diperdagangkan.

Untuk ikut mendukung petisinya, kamu bisa memberikan tanda tangan lewat tautan berikut ini: 

https://www.change.org/p/selamatkan-kucing-tersiksa-dari-pedagang-yg-tidak-bertanggung-jawab-pasar-di-splendid-malang