IFBC Banner

Heboh Netizen Bandingkan Kasus Holywings dan Roy Suryo: Umat Buddha Dianaktirikan!

Minggu, 26 Juni 2022 – 01:01 WIB

Netizen bandingkan penanganan kasus Holywings dan Roy Suryo.

Netizen bandingkan penanganan kasus Holywings dan Roy Suryo.

JAKARTA, REQnews - Kasus penistaan agama Holywings tengah jadi sorotan publik. Kini polisi pun tengah serius mengusut kasus tersebut, bahkan telah menetapkan sejumlah nama tersangka.

IFBC Banner


Namun siapa sangka, tindakan polisi dalam menangani kasus Holywings tersebut ternyata justru menuai kritik dari netizen. Netizen membandingkan cara polisi mengusut kasus Holywings dengan kasus meme stupa Candi Borobudur oleh Roy Suryo.

Menurut netizen ada ketimpangan dalam cara penanganan di antara kedua kasus tersebut. Akun Twitter @yusuf_dumdum yang memiliki followers 112 ribu mempertanyakan gerak cepat kepolisian dalam menindak kasus Holywings yang diduga melecehkan agama Islam dan Kristen.

Sementara di kasus penistaan agama Buddha yang diduga dilakukan Roy Suryo, kata Yusuf, polisi terbilang lamban menanganinya.

"Kasus Roy Suryo apa kabar ? Kasihan saudara kita yg dari agama Buddha. Mereka juga punya hak yang sama," cuit akun @yusuf_dumdum, dikutip Sabtu, 25 Juni 2022.

Menurut Yusuf, perbedaan respon dan penanganan pihak kepolisian terhadap 2 kasus penodaan agama itu terkesan 'tebang pilih' antara kaum mayoritas dan minoritas.

"Keyakinnya (umat Buddha) diduga dinista RS (Roy Suryo) tapi belum ada tindakan. Jangan ada persepsi bahwa mereka dianaktirikan di negeri sendiri @DivHumas_Polri @CCICPolri," tandas Yusuf.