IFBC Banner

Hakim Beragama Islam Pertama di Arizona AS Itu Bernama Laila Ikram

Jumat, 01 Juli 2022 – 22:00 WIB

Laila Ikram, hakim Muslim pertama di Arizona, AS

Laila Ikram, hakim Muslim pertama di Arizona, AS

JAKARTA, REQnews - Laila Ikram mengukir sejarah di Amerika Serikat. Wanita asal Phoenix itu, kini telah dilantik menjadi hakim beragama Islam pertama di wilayah Arizona.

IFBC Banner


Ikram dilantik pada awal pekan ini, di Downtown Justice Center di Phoenix, Arizona, sebagai hakim pro tempore.

Sumpahnya diambil oleh Enrique Media Ochoa, yang berstatus sebagai hakim perdamaian di Pusat Pengadilan Kehakiman AS.

Mengutip ABC 15, Jumat 1 Juli 2022, selain sebagai hakim Muslim pertama di Arizona, Ikram juga adalah wanita berjilbab pertama dalam sejarah negara bagian itu yang bekerja di Pengadilan Kehakiman.

Hebatnya lagi, Ikram bersumpah di atas Al-Qu'ran. Selanjutnya ia akan bekerja sebagai hakim pengganti, ketika hakim lainnya berhalangan dalam sidang.

Karena itu pula, mengemban tugas sebagai hakim pro-tem sebetulnya bisa menjadi titik awal untuk membuat lompatan hingga akhirnya untuk diangkat sebagai hakim secara permanen.

Ikram merupakan wanita asli Carolina Utara. Ia adalah alumnus Sandra Day O'Connor College of Law di Arizona State University.

Pengadilan Kehakiman adalah pengadilan dengan volume laporan paling tinggi di negara bagian itu. Menurut Ikram ada ada banyak jenis kasus yang berbeda. Kebanyakan orang yang melaporkan sebuah perkara hukum mewakili diri mereka sendiri, tanpa menggunakan pengacara.