Fakta! Kekayaan Perusahaan Indonesia Ini Mampu Kalahkan Google dan Tencent

Minggu, 08 September 2019 – 15:30 WIB

Ilustrasi VOC di zaman Belanda (doc: istimewa)

Ilustrasi VOC di zaman Belanda (doc: istimewa)

JAKARTA,REQnews - Buat kalian yang hidup di generasi milenial atau di era digital saat ini, ketika ditanya siapa perusahaan raksasa dagang terkaya saat ini?. Pasti kalian menjawab Google, Apple, Amazon, Alibaba, Microsoft, Facebook dan lainnya.

Tapi tahukah kalian, ternyata di Indonesia pernah ada perusahaan yang kekayaannya melebihi perusahaan-perusahaan itu lho. Perusahaan yang dimaksud adalah Verenidge Oost-Indische Compagnie (VOC) yang berdiri di zaman Hindia Belanda.

Melansir dari Visual Capitalist, Minggu 8 September 2019, VOC merupakan perusahaan kongsi dagang milik Belanda yang melakukan monopoli perdagangan dan mencari sumber daya alam untuk dijual selama 21 tahun. Perusahaan terkaya ini juga mengirim lebih dari satu juta pelayaran ke Asia.

Dengan keistimewaan yang diberikan pemerintah Belanda, VOC bisa mendapatkan hasil 'surga' Indonesia dan membangun koloni, bahkan memulai perang. Puncak kejayaan VOC pada tahun 1637 membuat nilainya melonjak, yakni menjadi 78 juta gulden atau setara 7,9 triliun dolar AS dan yang jika dirupiahkan senilai 112,6 triliun rupiah.

Well, jumlah tersebut sangat besar dan sejajar dengan jumlah 20 perusahaan besar dunia, mulai dari Apple, Amazon, ExxonMobil, Tencent hingga Microsoft. Nilai Apple saja hanya sebesar 11 persennya dari nilai kekayaan VOC.

Saat beroperasi, kongsi dagang ini mempekerjakan 70 ribu pekerja dan bertahan hingga 400 tahun. Namun, VOC sudah bangkrut pada 1799. (Binsasi)