Wahai Calon Menteri Jokowi, Belajarlah Kesederhanaan dari Sultan Yogyakarta

Kamis, 22 Agustus 2019 – 21:30 WIB

Sri Sultan Hamengku Buwono X (doc: istimewa)

Sri Sultan Hamengku Buwono X (doc: istimewa)

JAKARTA, REQnews - Kebersahajaan Sri Sultan Hamengku Buwono X memang tak usah diragukan lagi. Sebagai pemimpin Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), ia dikenal sebagai sosok yang sederhana, jujur dan jauh dari isu-isu negatif.

Misal, dalam sebuah video yang beredar media sosial Instagram, terlihat mobil Sri Sultan tengah 'asyik' bermacet ria di jalanan Jogja, tanpa pengawalan.

Video yang diposting oleh pemilik akun @jogjaku, bertuliskan "Tahta Untuk Rakyat" tradisi Sultan HB IX. HB X melanjutkan perannya sebagai negarawan yang layak diteladani oleh elite negeri ini."

"Seorang Raja atau pemimpin yang benar-benar dicintai Rakyatnya, jauh dari arogansi, berani mengatakan yang benar adalah benar dan salah sebagai salah.. Gubernur sekaligus Sultanku aja nggak pakai pengawalan extra loh?," tulisnya lagi.

Lalu bagaimana dengan para pemimpin lainnya terutama bagi para calon menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi) di periode kedua ini?

Apalagi, padahal beliau (Sri Sultan)  itu Gubernur seumur hidup, gak takut lho kalau diturunkan dari jabatan. Eh, yang pejabat cuman 5 tahunan kok jumawa.

Itulah esensinya tahta untuk rakyat. Artinya, calon menteri di Kabinet Kerja II nanti, harus belajar ke Jogja, agar tahu apa artinya pemimpin sejati.

Selamat berefleksi dan berbenah!