Oh! Ternyata Karakter Joker Terinspirasi dari Film Jadul Tahun 1928

Rabu, 09 Oktober 2019 – 16:30 WIB

Joker

Joker

JAKARTA, REQnews - Film Joker masih jadi pembahasan hangat di dunia. Karakter yang dimainkan oleh Joaquin Phoenix itu benar-benar menghipnotis dengan segala bentuk aura jahatnya. Tapi, siapa sangka, ternyata karakter musuh abadi Batman itu justru terinspirasi dari film lain yang sangat lawas alias jadul.

Meskipun ini masih kontroversial dan belum terjawab secara pasti, setidaknya ada tiga orang, yakni Bob Kane, Bill Finger dan Jerry Robinson yang mengklaim merekalah pencipta Joker. Ketiganya juga sepakat, bahwa Joker terinspirasi dari karakter Gwynplaine dari film The Man Who Laughs.

Film bisu keluaran tahun 1928 itu adalah karya dari seorang ekpresionisme Jerman bernama Paul Leni, yang diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama, The Man Who Laughs yang ditulis tahun 1869 karya penulis dan penyair Prancis legendaris, Victor Hugo.

Klaim ini juga berdasarkan karakter Gwynplaine yang rupa dan gayanya mirip Joker, termasuk sisiran rambut ke belakang, serta tawanya yang khas. Gwynplaine diperankan oleh aktor Jerman bernama Conrad Veidt.

Bahkan pada film Joker yang dibintangi Joaquin Phoenix, riasan badut yang digunakan Phoenix hampir merupakan salinan persis dari rupa badut pendukung di The Man Who Laughs yang membentuk grup pertunjukan Ursus.

Baik Gwynplaine dan Arthur Fleck (Joker), ialah orang-orang yang dibuang oleh masyarakat dan kemudian menemukan tujuan baru dan berbahaya.