IFBC Banner

Bule Asal Spanyol Bakal Jadi Calon Bupati Samosir, Boleh Gak Sih?

Rabu, 23 Oktober 2019 – 08:00 WIB

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

MEDAN, REQnews - Bule asal Spanyol, Carlos Melgares Varon (56), mendaftarkan diri sebagai bakal calon Bupati Samosir ke NasDem. Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengatakan tak ada masalah terkait hal itu selama calon Bupati sudah jadi WNI.

"Nggak (ada masalah), kan syaratnya warga negara Indonesia. Pokoknya dia WNI boleh," kata Ketua KPU RI Arief Budiman di Medan, pada Selasa 22 Oktober 2019.

Carlos mendaftarkan diri ke DPD NasDem Samosir sebagai bakal calon Bupati Samosir 2020-2025 pada Sabtu 19 Oktober lalu. Ia diketahui sudah menjadi WNI sejak 2008.

Lebih lanjut Arief menyatakan, tidak ada aturan yang melarang Carlos ikut pilkada jika sudah menjadi WNI. Ia mengatakan tak ada aturan soal berapa lama WNA yang dinaturalisasi menjadi WNI untuk ikut pilkada.

"Soal berapa lama itu aturan (saat) jadi WNI-nya, itu yang diatur sebelum seseorang jadi WNI," tandas Arief.

Sementara itu, Ketua DPD NasDem Samosir Sarhochel Tamba menyebut Carlos telah menikah dengan wanita berdarah Batak bermarga Malau. Setelah menikah, Carlos diberi marga Simbolon. 

Ketua DPW Partai NasDem Sumut Iskandar ST mengatakan pihaknya tidak akan membeda-bedakan dan memberikan perlakukan khusus kepada calon-calon kepala daerah yang mendaftar ke Partai NasDem.

"Kami mengapresiasilah, artinya kami tidak membedakan warna kulit, suku, dan sebagainya," ujar Iskandar saat dihubungi, Senin 21 Oktober 2019.

"Selagi dia ingin membawa kebaikan untuk masyarakat di daerah dan memenuhi persyaratan, tentu saja kami proses," sambungnya.