IFBC Banner

Langgar Hak Cipta, Awkarin 'Gandeng' Pengacara untuk Ancam Ilustrator?

Rabu, 30 Oktober 2019 – 23:00 WIB

Awkarin

Awkarin

JAKARTA, REQnews - Lagi-lagi Awkarin jadi sorotan publik. Selebgram yang juga seorang aktivis itu dikritik karena kasusnya bersama seorang ilustrator pemilik akun Twitter @nadiyahrs.

IFBC Banner


Dilaporkan bahwa Awkarin disebut telah melanggar hak cipta kareana telah menggunakan karya @nadiyahrs tanpa izin. Hal itu disampaikan langsung oleh @nadiyahrs lewat beberapa cuitannya di Twitter.

Namun yang membuat pemilik nama asli Karin Novilda ini dikritik ialah saat dirinya menghubungi yang bersangkutan dan menyebut bakal membawa pengacaranya.
Kemudian, Nadiya pun secara mengejutkan tiba-tiba menghapus semua cuitannya yang berhubungan dengan Awkarin. 

Dari sinilah netizen curiga bahwa Nadiya diancam bakal dituntut oleh Awkarin lewat pengacaranya. Namun, setelah kasus ini ramai, Nadiya pun lantas memilih untuk menghapus semua cuitannya.

Awkarin pun angkat bicara. Lewat akun Twitternya dia memberikan klarifikasi terkait kasus tersebut. Soal pengacara dan akan menuntut Nadiyah ke jalaur hukum, menurut Awkarin publik salah paham. Sebab ia mengajak seorang pengacara untuk mediasi bersama Nadiya, namun bukan untuk menuntut atau menyeretnya ke jalur hukum.

"Nadiya mengatakan tidak perlu bertemu dan akupun hanya meminta kesediaan Nadiya untuk menghapus satu tweetnya yang mencantumkan screenshot chat personal kami di DM Twitter, karena menurutku itu ilegal dan salah membagikan chat pribadi ke ruang publik tanpa seizin pihak yang terlibat."

Kata Awkarin, ia bahkan tak pernah memaksa atau mengancam Nadiya untuk menghapus semua postingannya. Hal itu dilakukan atas kemauan Nadiya sendiri karena khawatir akan dituntut oleh Awkarin.

"Tanpa paksaan Nadiya pun setuju menghapus satu twit tersebut. Tiba-tiba Nadiya mengatakan atas inisiatifnya sendiri, akan men-deactive akunnya dengan alasan agar tidak aku tuntut. Perlu dijelaskan di sini, di chat ini aku TIDAK MENUNTUT."

Di akhir klarifikasinya, Awkarin minta maaf lagi atas kesalahan yang dibuatnya dan mungkin menyinggung orang lain. Ia juga berjanji akan terus berusaha untuk memperbaiki diri jadi sosok yang lebih baik ke depannya nanti.

"Pada dasarnya aku sangat meminta maaf bila ada pihak yang dirugikan dengan kegaduhan ini. Tidak pernah ada maksud aku untuk merugikan siapapun. Sekali lagi aku meminta maaf atas kesalahan yang aku lakukan 4 tahun lalu dan kesalahan lainnya. Di sini aku hanya berusaha menjadi pribadi yang lebih baik lagi, semua ini aku anggap sebagai pembelajaran." 

"Terima kasih teman-teman untuk tetap supportive dan selalu mendukungku untuk melakukan kebaikan. Semua pernah melakukan kesalahan di masa lalunya, aku salah satunya, dan aku menyesal. Menurutku sekarang adalah bagaimana aku bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi," tuntasnya.

Berikut klarifikasi lengkap Awkarin yang dituliskan dalam akun Twitter-nya: