Hati-hati! Untuk Pertama Kalinya, DBD Ditularkan Lewat Hubungan Intim

Minggu, 10 November 2019 – 19:00 WIB

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

INTERNASIONAL, REQnews - Pertama kali di dunia, ada kasus penyakit demam berdarah dengue (DBD) tertular lewat hubungan intim. Padahal, pada umumnya penyakit ini menular akibat salah satu empat virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti. 

Dilansir dari New Straits Times, Pada Jumat, 8 November 2019, otoritas kesehatan Spanyol mengkonfirmasi kebenaran kasus beru tersebut. Mereka mengatakan ada seorang pria telah menularkan demam berdarah kepada pasangannya melalui hubungan intim.

Sebelumnya, para dokter yang menanganinya pun dibuat bingung bagaimana pria itu bisa tertular, padahal tidak pernah mengunjungi negara mana pun yang sering terkena DBD.

Seorang pria yang dikethaui berusia 41 tahun itu dilaporkan tertular DBD setelah berhubungan intim dengan pasangan prianya yang terinfeksi virus setelah digigit nyamuk di Kuba.

Seorang petugas kesehatan di Madrid, Susana Jimenez mengatakan, pasangannya itu juga menunjukkan tanda-tanda gejala yang sama, tetapi tidak begitu parah.

"Analisis sperma mereka dilakukan dan mengungkapkan bahwa mereka tidak hanya menderita demam berdarah tetapi juga virus yang persis sama yang beredar di Kuba," kata Jimenez dikutip pada Minggu, 10 November 2019.

Para ahli medis pun mengimbau bagi mereka yang aktif secara seksual untuk melakukan pemeriksaan rutin. Hal ini untuk memastikan Kamu tidak membawa virus apa pun yang dapat menginfeksi orang-orang terdekat.