Wow! Ada Kue Khas Jogja Yang Mirip ‘Itunya’ Pria, Minat?

Jumat, 22 November 2019 – 02:00 WIB

Penampakan kue tolpit (instagram @faktanyagoogle )

Penampakan kue tolpit (instagram @faktanyagoogle )

YOGYAKARTA, REQnews – Yogyakarta memang dikenal sebagai kota yang punya beragam keistimewaan. Mulai dari kebudayaan kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang masih lestari hingga aneka makanan khasnya yang menggoda selera. Mungkin kalian uda tau soal makanan sekelas gudeg, krecek ataupun walang (belalang goreng). Tapi kalau soal Kontol Gejepit (Tolpit) uda pernah makan atau pernah dengar?

Jangan-jangan buru-buru pikir jorok dulu ya, karena nama itu merujuk pada salah satu jajanan tradisional khas Bantul lho. Terbuat dari tepung beras dan gula jawa yang menjadikan Kontol Gejepit terasa manis.

Keunikan kue asli Jogja ini sempat menjadi viral beberapa waktu lalu di media sosial. Salah satunya diposting oleh pemilik akun Instagram @faktanyagoogle.

“Bentuknya seperti cucur, tapi kecil. Tapi bentuknya, maaf, seperti kepala organ intim pria. Jadi, oleh orang-orang dulu dijadikan sebagai bahan guyonan,” kata Tedy, warga asli Yogyakarta ketika diwawancara kumparan.

Sebenarnya nama asli dari jajanan pasar ini adalah Adrem. Namun kata Tedy, kue Tolpit tak bisa ditemukan di semua pasar tradisional.

“Masih ada di Pasar Bantul. Karena itu khas Bantul,” ujarnya.

Tedy juga menjelaskan bahwa aal-usul nama yang aneh-aneh untuk jenis makanan di Jogja sudah terjadi sejak zaman dahulu. Konon orang-orang Jawa di masa itu senang dengan guyonan dengan membalikkan makna sesungguhnya. Sehingga, tidak heran jika banyak nama jajanan di Yogyakarta yang punya nama yang aneh-aneh. “Misalnya, jangan makan brutu (buntut ayam) nanti bisa jadi pelupa,” katanya memberi contoh.

Postingan ini pun ramai direspon oleh warganet. Terdapat 76.262 likes dan ada 5.271 komentar. Banyak dari mereka yang penasaran dengan bentuk dan rasa dari kue ini. Nah, biar gak penasaran, silahkan bertandang ke sana. Belilah dan makan sepuasmu. (Binsasi)