Selamatkan Nyawa Penumpang Lansia di Pesawat, Dokter Ini Sedot 1 Liter Urin Pakai Mulutnya Sendiri

Sabtu, 23 November 2019 – 05:00 WIB

Foto: China Press

Foto: China Press

INTERNASIONAL, REQnews - Seorang dokter asal China baru-baru ini viral karena berhasil menyelamatkan nyawa seorang pria lanjut usia di pesawat. Bahkan, dia mengisap langsung urin dari kandung kemih pasien menggunakan mulutnya.

Dilansir dari China Press, aksi heroik dokter tersebut terjadi di sebuah pesawat China Southern Airlines yang berangkat dari Cina ke New York pada 19 November 2019. 

Menurut laporan, sekitar pukul 01.55 pagi, pramugari mendapati penumpang lansia berjenis kelamin laki-laki yang mengeluarkan banyak keringat dingin. Melihat kondisinya yang membutuhkan penanganan medis, pramugari itu kemudian meminta awak kabin untuk mencari dokter di antara penumpang.

Pengumuman tersebut kemudian didengar oleh seorang dokter bermarga Zhang, seorang ahli bedah vaskular. Dia langsung beranjak dari kursinya dan bergegas untuk memeriksa pria tua itu.

Saat diperiksa, dia menemukan bahwa kandung kemih pria tua itu diisi dengan sekitar 1 liter urin karena ia tidak dapat buang air kecil sendiri. Jika urin tidak dikeluarkan sesegera mungkin, kandung kemih pria itu dapat pecah dan dapat menyebabkan konsekuensi fatal.

Dokter Zhang kemudian mulai menyiapkan peralatan yang dibutuhkannya. Diantaranya seperti masker oksigen portabel, jarum suntik, sedotan susu botol dan selotip.

Dia menusuk kandung kemih pria lansia itu dengan tujuah untuk menyedot urin keluar. Tetapi karena ruang kabin terbatas, alat syphoning tidak dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, kandung kemihnya sangat meningkat sehingga tekanan membuat drainase sangat sulit.

Dokter Zhang akhirnya memutuskan untuk menyedot sendiri urin dari kandung kemih pria itu menggunakan mulutnya. Menurutnya itu adalah cara terbaik untuk mengontrol kecepatan dan intensitas di mana urin dikeluarkan.

Dokter Zhang diketahui mengisap tabung sampai dia mampu mengeluarkan sekitar 700-800 mililiter urin. Beruntung, kondisi pria tua itu membaik dan stabil.

Tak sampai disitu, Dokter Zang terus mengisap urin dan meludahkannya ke dalam cangkir untuk memastikan bahwa kandung kemih orang tua itu kosong selama kurang lebih 40 menit.

Awak kabin membantunya dengan menuangkan urin ke dalam botol karena Dokter Zhang perlu mengetahui jumlah urin yang dikeluarkan untuk lebih memahami kondisi pasien.