Ketahuan Punya Anak dan Dicopot, Miss Ukraina Gugat Miss World Ubah Peraturan

Selasa, 03 Desember 2019 – 04:00 WIB

Veronika Didusenko (Foto: Instagram)

Veronika Didusenko (Foto: Instagram)

UKRAINA, REQnews - Seorang mantan Miss Ukraina menanggalkan mahkotanya dan dilarang bersaing untuk Miss World. Veronika Didusenko yang ternyata merupakan seorang ibu mengambil tindakan hukum terhadap kontes tersebut. Ia menuntut perubahan peraturan.

"Kami menuntut perubahan peraturan, @missworld", kata Veronika Didusenko yang di Instagram-nya pada hari Senin 2 Desember 2019. 

Lewat unggahannya itu meluncurkan kampanye yang disebut #righttobeamother atau 'Hak menjadi seorang ibu' yang memungkinkan semua wanita untuk berpartisipasi dalam kontes tersebut.

Didusenko dinobatkan sebagai Nona Ukraina pada tahun 2018, tetapi dicopot setelah panitia mengetahui bahwa ia memiliki putra berusia lima tahun dan didiskualifikasi karena bersaing untuk memperebutkan gelar Miss World.

"Alasan saya tidak diizinkan bersaing di Miss World setelah memenangkan gelar #MissUkraine adalah karena saya telah menikah dan punya anak," tulisnya di Instagram.

Peraturan Miss World melarang ibu dan wanita menikah untuk mengambil bagian dalam kontes kecantikan dan mewajibkan para kontestan untuk menandatangani perjanjian yang sesuai.

Didusenko menuduh penyelenggara "diskriminasi" dan mengatakan bahwa kontes kecantikan global "tampaknya macet di zaman kegelapan".

"Saya tidak ingin mahkota kembali, Saya ingin mengubah aturan untuk masyarakat luas," tulisnya di halaman Instagram-nya pada hari Minggu.

Didusenko telah mengambil tindakan hukum di London dengan mengklaim penyelenggara Miss World melanggar ketentuan Undang-Undang Kesetaraan 2010 yang melindungi dari diskriminasi berdasarkan karakteristik tertentu, termasuk pernikahan, persalinan, dan gender.

Belum ada komentar dari Miss World tentang masalah ini. Tahun ini final Miss World akan berlangsung di London pada 14 Desember. Sementara itu, Ukraina akan diwakili oleh Margaryta Pasha, seorang mahasiswa hukum.

Miss World adalah kontes kecantikan tertua di dunia, pertama kali diadakan di Inggris pada tahun 1951.