Viral! Takut Gak Amanah, Pria Ini Pilih Resign Usai Jadi PNS Selama 14,5 Tahun

Rabu, 04 Desember 2019 – 01:00 WIB

PNS resign. (Foto: Intstagram/@kaligrafi_danishabby)

PNS resign. (Foto: Intstagram/@kaligrafi_danishabby)

JAKARTA, REQnews - Kisah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) resign alias mengundurkan diri setelah 14,5 tahun mengabdi pada negara viral di media sosial. Tak disangka keputusannya untuk mundur ini mendapat pujian dari warganet.

Kisah tersebut dibagikan oleh seorang warganet melalui akun Instagram @kaligrafi_danishabby pada Minggu 1 Desember 2019. Akun tersebut mengunggah tiga foto beserta penjelasan pria yang tidak diketahui identitasnya itu memutuskan resign dari ASN. 

Pria ini merintis karier sebagai tenaga honorer pada 2005. Nasib baik berpihak padanya, akhirnya dia resmi berstatus PNS pada 2011.

Pada tahun 2015 pria ini mendapat penugasan baru di bagian keuangan dan bertanggung jawab merencanakan anggaran.

"Semakin banyak tahu tentang seluk-beluk perencanaan anggaran harusnya buat diri ini semakin kaya akan pengalaman. Tapi, yang saya rasakan ini malah buat diri ini semakin takut," tulis PNS itu.

Pria ini merasa hati dan pikirannya tidak sejalan dengan pekerjaan di bagian keuangan. Bagi dia, pekerjaan sebagai PNS merupakan amanah yang besar dan digaji oleh rakyat.

"Dengan sistem yang ada, rasanya berat sekali tugas ini bisa dijalankan dengan benar dan penuh amanah sesuai sumpah yang pernah diucap," ujar pria ini.

Dia pun memutuskan mundur dari jabatannya. Keputusan itu bukanlah hal yang mudah. Dia merasa harus mempertanggungjawabkan semua yang sudah dilakukannya.

"Mohon doanya kepada semua semoga saya bisa menjadi manusia yang lebih baik daripada keputusan yang saya ambil," tulis dia.

Keputusan yang tak mudah itu pun mendapat pujian dari netizen. Dikala banyak orang yang berlomba-lomba untuk menjadi PNS, dia memutuskan untuk berhenti.

"Really proud. Mmg setauku bgtu sih, teman2 kuliah ku ktika jadi pns di lembaga tertentu, mereka subur dunia, tp kering akhirat.. Katanya..," komentar @auru**sbi.

"jos masbro. tp yg saya bingung mungkin banyak yg ingin jd asn untuk menikmati dan bermain apa yg anda takutkan. mungkin semua mengiyakan," tulis @mh**hyaa_.

"Sejuta banding 1 orang kaya si mas. MashaAllah semoga Allah melapangkan rezekinya dijalan lain dan sehat2 terus????," ungkap @eli**aaaaaa.