Viral Video Hiu Paus Diselamatkan dari Jeratan Tali, Begini Faktanya

Rabu, 04 Desember 2019 – 21:00 WIB

Hiu Paus Diselamatkan dari Jeratan Tali. (Foto: Zaidi Suhaili)

Hiu Paus Diselamatkan dari Jeratan Tali. (Foto: Zaidi Suhaili)

MALAYSIA, REQnews - Baru-baru ini sebuah video yang menampilkan seekor hiu paus yang terlilit tali dan diselamatkan oleh nelayan viral di media sosial.

Video ini viral usai diunggah oleh akun Facebook Persatuan Haiwan Malaysia – Malaysia Animal Association pada Minggu 1 Desember 2019.

Keterangan unggahan dalam postingan tersebut berbunyi:

“Difahamkan kejadian ikan menghampiri kapal meminta tolong melepaskannya daripada kesengsaraan berlaku di Bintulu Sarawak.
Animal Malaysia mengucapkan tahniah kepada kumpulan penyelamat ini.
#ikan #jabatanperikananmalaysia #saveouranimals #animals #fish #animalmalaysia #malaysiaanimals #malaysiaanimalassociation "

Bahkan, video tersebut juga dibagikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019, Susi Pudjiastuti melalui akun Twitter miliknya.

 "Kerjasama kemanusiaan yg luarbiasa indah antara 2 mahkuk ciptaan Tuhan. Terimakasih Bapak2 Nelayan. Anda pahlawan kemanusiaan ," tulis @susipudjiastuti pada Selasa 3 Desember 2019.
 
Dilansir dari The Borneo Post, hiu paus yang terjerat tali itu diselamatkan oleh tujuh nelayan di laut dekat Santubong, Malaysia. Perekam video bernama Zaidi Suhaili. Dia mengaku tak mengira videonya bakal viral.

“Saya tidak pernah berpikir bahwa video akan menjadi viral. Namun, kami semua merasa puas bisa menyelamatkan hiu paus karena dianggap sebagai spesies yang terancam punah, ” kata dia.

Zaidi menjelaskam kejadian bermula ketika para pemancing yang sudah tiga hari berada di laut tiba-tiba dikejutkan oleh kehadiran hiu tersebut. Hiu paus itu berenang mendekat kapal sekitar pukul 11.00 waktu setempat.

"Ketika hiu mendekati kapal kami dan tampaknya tidak ingin pergi, seolah-olah meminta bantuan," ujar dia.

Para nelayan itu kemudian berinisiatif  melepaskan hiu paus tersebut dari jeratan tersebut. Dalam rekaman terlihat, mereka menggunakan tongkat dengan kail di ujungnya guna menahan tali, sementara seorang pemancing lain memotong tali dengan golok.

Usai tali terputus si hiu paus lantas mengibaskan ekornya seolah berterima kasih. Hiu paus tersebut kemudian berenang menjauh dari kapal.

Zaidi mengungkapkan bahwa ini adalah ketiga kalinya dia bertemu hiu paus. Namun dia menyebut momen menyelamatkan hewan ini adalah pertama kalinya.

Video yang diunggah itu sontak mendapat beragam komentar, salah satunya ucapan  terima kasih kepada para pemancing.