4 Cara Ini Efektif Buat Cegah Kecoa Hadir atau Bikin Sarang di Rumah

Sabtu, 14 Desember 2019 – 14:00 WIB

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews – Hewan apa yang sering kamu jumpai di dalam rumah? Selain semut dan cicak, kecoa juga menjadi salah satu serangga yang mengganggu di rumah. Terlebih binatang ini terkenal identik dengan yang namanya kotor.

Tak sedikit orang yang geli bahkan takut untuk jika berada di dekat makhluk ini. Mereka dapat berkembang biak dengan cepat. Lalu, pergerakannya yang lihai dan terbang kesana kemari.

Jika kecoa ada di rumah, waspadalah karena bisa jadi ada penyakit yang menghampiri. Usahakan jangan sampai kecoa menempel di makanan, bisa-bisa perut kamu terasa sakit.

Kehadiran kecpa di rumah kamu bisa dicegah dengan beberapa cara. Berikut 4 hal efektif untuk mengusir dan mencegah datangnya kecoak:

1. Singkirkan makanan yang bisa mengundang kecoak

Kecoa hanya masuk ke dalam rumah demi mendapatkan apa yang mereka inginkan, yaitu makanan. Oleh karena itu, jagalah kebersihan ruangan di rumah dari sisa makanan yang tercecer, baik di meja maupun lantai.

Bersihkan remah-remah dan hindari menyisakan makanan, begitu juga dengan wadah air minum. Gelas, genangan air di pot bunga, pipa bocor, spons basah, bahkan handuk yang menjadi tempat favorit kecoak mencari makan.

2. Bersihkan rumah dari barang bekas

Selain makanan, ada pula yang harus diperhatikan yaitu kumpulan barang bekas. Setumpuk koran, kardus atau tempat sampah yang penuh bisa menjadi sarang kecoa. Segera bersihkan barang tersebut dari dalam rumah. Sebelum kecoa menjadikannya tempat berkembang biak.

3. Rutin memeriksa celah di setiap sudut rumah

Lakukan yang terbaik untuk memeriksa rumah, demi menemukan kemungkinan titik masuk kecoa. Periksa setiap sudut rumah, terutama daerah gelap atau lembab seperti di bawah wastafel, dalam lemari, atau di belakang kulkas.

Kencangkan perekat khusus karena akan menjebak setiap kecoa yang mencoba merayap masuk. Setelah itu, bisa melakukan penanganan yang lebih professional, seperti memperbaiki celah dengan semen atau benda sejenis.

4. Buat perangkap

Asam borat dan perangkap umpan bisa menjadi alat yang bagus, karena efektif melawan kecoa, dan lebih aman. Kombinasi asam borat dan perangkap dapat membatasi paparan pestisida alias racun serangga.

Selain itu, dapat juga mengoleskan bubuk asam borat langsung ke celah atau retakan dinding. Ketika memakan umpan, kecoak akan kembali ke tempat persembunyian. Karena kecoa termasuk kanibal, akan disantap kecoa lainnya dan ikut terpapar racun yang sebelumnya. (Ananda)