9 Cara Atasi Rasa Lelah Setelah Liburan Bersama Keluarga

Sabtu, 21 Desember 2019 – 09:30 WIB

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Setelah sibuk kerja, akhir pekan dipilih jadi momen untuk liburan keluarga. Ada yang memlilih dari liburan singkat ke luar kota, atau masih di dalam kota saja.

Aktivitas liburan ini biasanya dilakukan dengan berangkat dari pagi hingga menjelang petang, mengikuti berbagai kegiatan seru.

Meskipun terlihat mengasyikan, rasa lelah pun pasti akan datang. Apalagi besok sudah harus kembali beraktivitas seperti sediakala. Lantas, bagaimana agar lelah Anda bisa teratasi?

Berikut 9 cara mengatasi rasa lelah setelah liburan bersama keluarga:

1. Segera pulang di waktu yang tepat

Bila jarak lokasi wisata dekat dengan rumah Kamu mungkin tidak jadi masalah. Namun, bila Anda membawa kendaraan pribadi, usahakan segera pulang sebelum jam-jam rawan. Sehingga Anda bisa sedikit bebas dari antrean dan macet.

2. Istirahat sejenak

Sesampainya di rumah, tidak ada salahnya bila Kamu benar-benar mengistirahatkan tubuh sejenak. Misalnya dengan tiduran di sofa ataupun tempat yang nyaman untuk rebahan.

Usahakan dalam posisi telentang. Dengan begitu, aliran darah dapat mengalir lancar, dan pegal-pegal sedikit berkurang. Tapi usahakan jangan kelamaan, Moms. Kira-kira 10 menit saja.

3. Segera mandi

Setelah istirahat, paksa diri Anda untuk segera mandi. Berdiri di bawah kucuran air hangat maupun berendam air hangat dapat membuat tubuh rileks. Mandi juga penting untuk kesehatan tubuh. Jangan jorok!

4. Minum air putih

Rasa lelah dan lemas bisa terjadi akibat dehidrasi, setelah seharian aktivitas. Untuk itu, pastikan Anda minum air putih cukup. Setidaknya, 8 gelas sehari.

5. Makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat bisa memulihkan kondisi kelelahan. Misalnya, sup bayam mengandung zat besi untuk membantu mengembalikan keaktifan stamina tubuh. Sebaliknya, hindari makan makanan kalengan. Kandungan garam dan pengawet membuat tubuh lama dalam mencerna, sehingga membuat tubuh semakin lelah.

6. Hindari kafein berlebih

Untuk sementara, lebih baik Anda tidak mengonsumsi kafein berlebihan. Alih-alih tetap bugar, rasa capek dan lelah justru bisa menyerang Kamu esok hari. Lebih baik, tunda minum kopi setelah lewat dari pukul lima sore, agar Anda tidak terjaga malamnya.

7. Melakukan pijat

Saling bergantian pijat dengan suami atau istri bisa jadi ide nanti malam. Selain mengatasi lelah, Anda dan suami juga semakin mesra deh.

8. Me time sejenak

Setelah semua urusan rumah selesai, sekarang saatnya Kamu memanjakan diri. Misalnya dengan merendam kaki dengan air hangat, baca buku, menonton tv. Intinya, merilekskan tubuh dan pikiran.

9. Tidur cukup

Tidurlah yang cukup, ini sangat penting agar besok bisa kembali bugar. Tentu saja merupakan modal untuk kembali beraktivitas demi keluarga tercinta. (Ananda)