Begini Cara Periksa Kerja Rem Mobil Pasca Terendam Banjir

Minggu, 05 Januari 2020 – 17:00 WIB

Ilustrasi rem mobil (Foto: Istimewa)

Ilustrasi rem mobil (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Buat kalian yang mobilnya jadi korban banjir, ada beberapa hal yang perlu dicermati nih soal kinerja kendaraanmu. Salah satunya dengan mengecek sistem kerja pengereman mobilmu sebelum digunakan beraktivitas.

Sebab mobil yang terendam dalam waktu yang cukup lama, dikhawatirkan ada perubahan fungsi dan kualitas komponen pengereman. After Sales Service Division Head Astra Isuzu, Heri Wasesa pun meminta pemilik kendaraan untuk memeriksan setiap komponen seperti kondisi rem tangan.

Yakni mulai dari dari pergerakan tuas, hingga fungsinya untuk menahan laju "Pastikan fungsi rem tetap normal, terutama rem tangan yang aktif selama terendam air dapat membuat kampas rem menjadi lengket, sehingga kinerja rem berkurang drastis," kata Heri di Jakarta, Minggu 5 Januari 2019.

Sebab, jika sudah merekat kuat dengan tromol atau cakram, kampas rem malah menempel meski tuas sudah diturunkan. Akibatnya mobil tidak dapat berjalan.

Tak terkecuali saat merilis rem tangan namun laju mobil masih tersendat-sendat, kemungkinan besar kampas rem menempel. Untuk itu, sebagai langkah antisipasi sebaiknya rilis rem parkir dan masukkan gigi 1 atau P supaya mobil tidak bergerak.

Bila ragu untuk memperbaikinya sendiri, kata Heri bisa panggil layanan darurat, bantuan teknis atau towing sesuai pabrikan mobil."Segera bawa ke bengkel resmi terdekat untuk pemeriksaan komponen yang lebih komprehensif, dengan peralatan yang lebih lengkap," katanya.