Wahai Pecinta Mobil Manual! Kenali 5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kopling Cepat Rusak

Minggu, 19 Januari 2020 – 05:00 WIB

Ilustrasi menginjak kopling mobil (istimewa)

Ilustrasi menginjak kopling mobil (istimewa)

JAKARTA, REQnews - Pecinta mobil manual tentunya paham dengan namanya kopling. Komponen tersebut berfungsi dalam mengatur perpindahan gigi. Kopling sendiri terdiri dari beberapa komponen penting seperti pedal, kamvas, kabel, dan druk laher. Namun begitu, bila salah salah satu komponen eror, kinerja kopling akan terganggu.

Berikut ini 5 kebiasaan buruk yang menyebabkan kopling rusak. Silahkan disimak!

 

Menginjak kopling terlalu sering

Menginjak kopling terlalu sering dapat mempercepat kerusakan komponen itu akibat bantalan dan plat kopling yang aus. Jadi, harus lebih bijak dalam menginjak kopling.

 

Menginjak dan melepas kopling dengan kasar

Melepas dan menginjak kopling dengan kasar dapat merusak kopling. Untuk itu, usahakan agar lebih hati-hati saat memindahkan transmisi mobil dan jangan sampai menimbulkan bunyi kasar.

 

Menggantung pedal kopling

Menggantung pedal kopling menyebabkan gesekan pada kampas kopling dan membuat cepat aus. Kurangi kebiasaan menggantung kopling saat berkendara.

 

Posisi setengah kopling

Cara ini biasanya dilakukan saat macet dan berada di tanjakan. Tapi tak disangka, ternyata hal itu mempercepat kerusakan kopling mobil.

 

Posisi gigi tidak sesuai dengan percepatan

Menggunakan gigi transmisi tidak sesuai dengan percepatan mobil juga bisa merusak kopling. Alangkah lebih baik untuk menyesuaikan gigi dengan kecepatan yang dihasilkan. (Binsasi)