Para Pengacara Muda, Jangan Makan atau Minum ini Setelah Olahraga

Jumat, 14 Februari 2020 – 23:00 WIB

Ilustrasi olahraga (istimewa)

Ilustrasi olahraga (istimewa)

JAKARTA, REQnews – Bagi para para pengacara muda yang gemar berolahraga untuk menjaga kondisi fisik tetap prima, tentu menjadi hal yang positif. Namun, harap memperhatikan anjuran berikut, agar tidak mendatangkan imbas yang buruk bagi tubuh dan kesehatan.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi makanan yang buruk, jika dikonsumsi setelah olahraga.

 

 

1. Minuman Energi

Meski iklan menunjukkan minuman energi baik untuk Anda yang suka olahraga, namun minuman energi memiliki kadar gula yang tinggi. Gula memang membuat tubuhmu lebih segar namun efeknya sangat singkat. Setelah reaksi gula yang singkat tersebut hanya akan meninggalkan rasa hampa.

Sebagai pengganti minuman energi, sebaiknya Anda minum air kelapa asli untuk mengembalikan energi dan air yang terbuang oleh tubuh melalui keringat saat Anda berolahraga.

 

2. Kafein

Kafein mungin dapat memberi Anda dorongan energi yang baik sebelum olahraga, namun tidak apabila dikonsumsi setelah olahraga. Kafein dapat menyebabkan dehidrasi, padahal setelah olahraga tubuh perlu mengembalikan air-air yang hilang saat olahraga.

Masalah lain dengan kafein setelah berolahraga adalah meningkatkan kadar kortisol tubuh. Kortisol adalah hormon stres yang penting untuk fungsi kesehatan. Tetapi terlalu banyak kortisol dapat menyebabkan masalah kardiovaskular dan ketidakseimbangan hormon.

Kortisol dilepaskan ketika kita berolahraga dan ketika kita mengonsumsi kafein, jadi pada masa pemulihan setelah berolahraga, yang terbaik adalah membiarkan tubuh memproses kortisol secara alami daripada menambahkan lebih banyak.

 

3. Gorengan

Saat olahraga membuat Anda merasa lapar dan makanan yang digoreng bisa membuat Anda cepat kenyang. Tetapi mereka juga memperlambat pencernaan Anda, membuat Anda merasa lemas. Tingkat tinggi lemak trans yang terdapat di gorengan tidak membantu tubuh Anda. Ia dapat menyumbat arteri dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Sebagai gantinya, cari makanan setelah berolahraga yang mengandung nutrisi mikro dan bahan-bahan bergizi lainnya yang baik bahan bakar dan melindungi tubuh. Ikan atau ayam yang telah dipanggang atau dikukus alih-alih digoreng, dapat menjadi pilihan.

 

 

3. Snack dengan Rasa Asin

Wajar jika kita membutuhkan makanan asin setelah berolahraga, karena saat olahraga tubuh banyak kehilangan sodium dari keluarnya keringat. Sodium bekerja sama dengan kalium untuk mendukung ginjal Anda dan mengelola tekanan darah; kalium, bersama dengan air, juga hilang selama latihan.

Namun sayangnya makanan asin seperti yang dapat ditemukan di snack mengandung tambahan gula dan zat kimia lain yang tidak baik untuk kesehatan. (Binsasi)