Waspadai Kemunculan Situs Bodong Sensus Penduduk Online, Kenali Ciri-cirinya

Kamis, 20 Februari 2020 – 07:30 WIB

Ilustrasi Sensus Penduduk Online (istimewa)

Ilustrasi Sensus Penduduk Online (istimewa)

SOLO, REQnews - Saat ini pemerintah melalui Badan Pusat Statistik tengah menggelar sensus penduduk yang bisa diakses secara online. Namun yang patut diwaspadai adalah kemunculan website yang mencatut nama Sensus Penduduk Online.

Kabar ini tengah menjadi buah bibir setelah ramai diperbincangkan di media sosial. Salah satunya lewat postingan laman instagram @jelajahsolo.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tidak tertipu adanya website palsu yang mengatasnamakan sensus penduduk online. Satu-satunya website resmi untuk pencatatan kependudukan nasional terdapat di laman sensus.bps.go.id," ujar sang admin.

"Hati-hati saat melakukan sensus penduduk online. Perhatikan dengan teliti link-nya. Jika bukan sensus.bps.go.id, bisa dipastikan itu penipuan. Jangan masukkan datanya di sana. from @polrestasurakarta," katanya lebih lanjut. 

Selain itu, dalam postingan tersebut turut menjelaskan bahwa momentum Sensus Penduduk di 2020, bisa saja dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk melancarkan penipuan.

Biasanya para pelaku penipu online akan memanfaatkan tautan google form untuk mengelabui masyarakat luas. Di dalam tautan itu, akan ada list pertanyaan soal nama ayah atau ibu kandung. 

Padahal pertanyaan seperti itu biasanya hanya dipakai untuk urusan perbankan atau kredensial.

Maka dihimbau kepada seluruh masyarakat agar hanya boleh mengakses situs resmi https://sensus.bps.go.id/login 

Semoga bisa jadi perhatian agar luput dari modus penipuan online. (Binsasi)