Begini Tips Atasi Grogi saat Hadiri Persidangan, Dijamin Ampuh

Kamis, 04 April 2019 – 17:30 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Kamu punya perkara yang mengharuskanmu hadir di persidangan? Pasti grogi banget ya kalau sudah berhadapan dengan hakim dan orang-orang lainnya di persidangan? 

Tenang, rasa grogi itu bisa kok diatasi. Tentu saja, kamu harus tahu cara-cara ampuh mengatasi grogi, agar tidak gagap saat diminta untuk bicara di persidangan. 

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak tips ampuh untuk mengatasi grogi berikut ini:

1. Berpikir Positif

Tak ada cara yang lebih ampuh mengatasi grogi selain berpikir positif. Perasaan gugup atau tubuh gemetar saat tampil di keramaian terjadi karena pikiran yang negatif dan penuh kekhawatiran.

Makanya, buang semua pikiran buruk itu, ganti dengan hal-hal yang optimistis, seperti yakin bahwa semua akan baik-baik saja.

2. Olahraga

Jangan remehkan olahraga ya. Aktivitas ini bukan hanya menyehatkan tubuh, tapi juga pikiran. Saat menghadapi persidangan, kamu butuh fisik dan mental yang segar.

Biasanya perasaan gugup bahkan stres muncul karena peredaran darah ke otak tidak lancar. Nah, olahraga akan membuat peredaran darah ke otak lancar, kamu bisa berpikir lebih enak.

3. Menyusun Persiapan

Kamu wajib menyusun semua persiapan sebelum menghadapi sidang, misalnya apa yang akan kamu katakan, bagaimana kamu bersikap dan sejenis itu. Manajemen diri itu penting agar hidup teratur dan tidak berantakan.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Grogi dan rasa cemas biasanya muncul karena tubuhmu melepas hormon yang memicu pikiran-pikiran negatif. Salah satu cara lain mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi makanan tertentu yang pastinya menyehatkan.

Kamu bisa kok coba konsumsi cokelat. Makanan ini melepas hormon pendorong mood seperti dopamine dan serotonin. Makanan lainnya juga baik untuk mengatasi grogi, seperti bayam atau alpukat.

5. Berdoa

Wah ini benar-benar tak boleh kamu lewatkan. Berdoa adalah bentuk hubungan dan penyerahan dirimu kepada Tuhan YME sebagai penentu takdir. Barangkali doamu terjawab, masalah tuntas seketika. Ya, namanya kemungkinan kan, siapa yang tahu terjadi atau tidaknya.  (RYN)