Nih, Disinfektan yang Efektif Bunuh Virus Corona Menurut Para Ahli

Kamis, 19 Maret 2020 – 22:02 WIB

Ilustrasi bersihkan rumah (Foto:Istimewa)

Ilustrasi bersihkan rumah (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Dilansir laman Misskyra, Rabu, 18 maret 2020, menurut Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA), mereka telah membuat daftar produk pembersih yang efektif dalam membunuh virus dengan kekuatan yang sama dengan Coronavirus seperti rhinovirus.

Produk-produk tersebut seperti tisu Disinfektan Clorox, pembersih Disinfektan Lysol, dan pembersih dengan merek Purell multi surface.

Sekarang mungkin semua produk ini tidak tersedia bahkan sudah langka di supermarket, tetapi kamu pasti bisa mencari produk dengan komponen bahan kimia dan merek yang sama. Jika tidak ada, kamu bisa menggunakan produk serupa yang memiliki kandungkan hidrogen peroksida untuk memberishkan kuman.

Para ahli juga mengatakan bahwa seseorang harus membaca label dan bahan-bahan untuk memastikan bahwa produk tersebut efektif dalam membunuh bakteri dan virus sebelum membelinya.

Beberapa hal lain yang mereka perhatikan adalah ketika membersihkan barang yang mudah keropos perlu perlakuan khusus. Sebelumnya, gunakan air sabun terlebih dulu untuk memberishkannya lalu kemudian menggunakan desinfektan di area tersebut, dan jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan ketika membersihkan rumah.

Beberapa hal lagi yang harus harus diketahui tentang membersihkan rumah adalah jangan menggabungkan desinfektan atau produk pembersih lainnya dan pastikan untuk membuka jendela ketika memberishkan area tersebut.

Lalu, pastikan untuk melakukan percobaan terlebih dulu pada barang atau alat sebelum dibersihkan guna menghindari segala macam kerusakan, misalnya bisa menggunakan sabun dan air.

Akan tetapi bantal dan tempat tidur pun juga perlu untuk dibersihkan dengan Disinfektan dan menggunakan semprotan antibakteri yang berfungsi untuk menghilangkan kuman, bakteri dan virus.

EPA menyebut COVID-19 sebagai virus yang diselimuti, "yang berarti mereka adalah salah satu jenis virus yang paling mudah untuk dibunuh dengan produk disinfektan yang sesuai," tulis agensi itu dalam rilis berita.

“Menggunakan disinfektan yang benar adalah bagian penting untuk mencegah dan mengurangi penyebaran penyakit bersama dengan aspek-aspek penting lainnya seperti mencuci tangan,” kata Administrator EPA Andrew Wheeler.

"EPA memberikan informasi penting ini secara terbuka dan transparan pada produk desinfektan untuk membantu mengurangi penyebaran COVID-19."

Merek-merek disinfektan yang efektif tersebut yakni:

Clorox Disinfektan Tisu
Semprotan Disinfektan Clorox
Clorox Multi-Surface Cleaner + Bleach
Klercide 70/30
Formulasi Lonza
Lysol Clean & Fresh Multi-Surface Cleaner
Lysol Disinfectant Max Cover Mist
Konsentrat Disinfektan Pembersih Tugas Berat Lysol
Pembersih Disinfektan Harian OxyCide
Tisu Desinfektan Puncak
Pembersih Peroksida Multi Permukaan, Desinfektan, dan Pembersih Kaca
Tisu Desinfektan Permukaan Profesional Purell
Sani-Cloth Prime Disposable Disposable Disposable
Sani-Prime Germicidal Spray