Tetap Fokus Ketika Anda Bekerja dari Rumah, Ini Caranya

Minggu, 22 Maret 2020 – 11:32 WIB

Bekerja dari rumah (Foto:Istimewa)

Bekerja dari rumah (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Untuk mengurangi merebaknya virus corona atau COVID-19, pemerintah menghimbau agar warganya mengurangi aktifitas di luar rumah termasuk para pekerja diharapkan untuk bisa bekerja dari rumah.

Bekerja dari rumah bisa sangat produktif, tetapi bisa juga menjadi pilihan yang salah. Tanpa ruang kantor yang tepat, jadwal yang diprioritaskan, Anda akan mudah terganggu dan hanya dapat menyelesaikan sedikit pekerjaan.

Saat bekerja di rumah Anda harus bisa menaklukkan gangguan, dan tetap profesional dan produktif. Dalam survei tahun 2018 terhadap 1.350 profesional bisnis di AS dan Eropa, satu dari tiga karyawan mengatakan bahwa mereka meraih lebih banyak bekerja dari rumah.

Bekerja dari rumah seharusnya bisa lebih cepat karena tidak terganggu kehidupan kantor, seperti panggilan telepon, rapat, dan interupsi dari rekan kerja.

Namun, ada juga beberapa tantangan yang perlu dipertimbangkan, biasanya gangguan datang dari orang lain atau hewan peliharaan.

Selain itu, Anda harus berjuang untuk menjadi produktif ketika Anda tidak diawasi.

Jika Anda memutuskan bekerja di rumah, artikel ini menjelaskan cara melakukannya dengan baik. Anda harus menciptakan kondisi yang sesuai agar tetap fokus dan efektif sepanjang hari.

1. Memotivasi diri sendiri. Teknik motivasi diri dapat membantu Anda meningkatkan kepercayaan diri, berpikir positif, dan menetapkan tujuan yang jelas.

2. Minimalkan gangguan. Gangguan mana yang cenderung paling memengaruhi Anda? Mungkin Anda terjebak melakukan pekerjaan rumah tangga, atau mengalami gangguan dari keluarga atau teman.

3. Cari cara yang menyenangkan. Temukan cara untuk membuat setiap tugas lebih menyenangkan dan bermanfaat dalam dirinya sendiri, serta memberi diri Anda "hadiah" ketika selesai mengerjakan satu pekerjaan. Misalnya, biarkan diri Anda menyeruput kopi spesial favorit Anda.

4. Kontrol media sosial Anda. Pikirkan baik-baik tentang notifikasi mana yang harus dipertahankan, dan mana yang harus dibisukan hingga nanti. Alokasikan slot waktu untuk memeriksa ponsel Anda.

5. Ketahui tujuan Anda. Bersama dengan tujuan jangka pendek yang terkait dengan tugas, pastikan Anda juga jelas tentang tujuan yang ingin Anda capai. Dengan mengingat hal ini akan memotivasi Anda untuk melakukan pekerjaan terbaik Anda, di mana pun lokasi Anda.

Selain itu, menciptakan ruang kerja yang efektif sangat penting jika Anda ingin tetap bekerja di rumah dan menyelesaikan pekerjaan. Beberapa sentuhan "kantor" mungkin mendorong Anda untuk menjadi lebih produktif tetapi Anda masih dapat mempersonalisasikan ruang kerja Anda, dengan poster yang menyenangkan atau foto keluarga.

Pastikan Anda bisa duduk dengan nyaman. Jika tidak, Anda mungkin akan menemukan banyak alasan untuk bangun dan pergi ke tempat lain! Kursi kantor berkualitas tinggi adalah salah satu investasi terbaik yang dapat Anda lakukan.

Peralatan penting lainnya adalah pintu yang bisa Anda tutup! Hampir mustahil untuk bekerja secara efektif di rumah jika ada orang lain di sekitarnya.

Dan menjaga ruang kerja Anda tetap rapi. Luangkan beberapa menit di akhir setiap sesi memilah hal-hal seperti dokumen atau cangkir kopi kosong, rapihkan semuanya.