Tetap Sehat! Ini 6 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah saat Social Distancing

Jumat, 27 Maret 2020 – 08:01 WIB

Tetap Sehat! Ini 6 Olaharaga yang Bisa Dilakukan di Rumah saat Social Distancing (Foto: Istimewa)

Tetap Sehat! Ini 6 Olaharaga yang Bisa Dilakukan di Rumah saat Social Distancing (Foto: Istimewa)


JAKARTA, REQnews - Sudah hampir sebulan Indonesia menghadapi wabah virus corona (Covid-19). Beberapa waktu lalu Pemerintah meminta masyarakatnya untuk melakukan social distancing untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Pemerintah sendiri sudah meliburkan sekolah, sedangkan para pekerja kantoran diminta untuk melaksanakan kegiatan bekerja di rumah. Selain itu, upaya lain yang dilakukan pemerintah ialah menutup tempat wisata, pusat kebugaran dan gym.

Nah buat kamu yang selama ini rutin nge-gym atau berolahraga di pusat kebugaran favorit, hal ini tentu cukup menyiksa. Namun, alih-alih memaksakan diri untuk tetap olahraga di luar, mengapa tidak coba olahraga di rumah saja?

Nah, berikut beberapa pilihan olahraga yang mudah dan murah, yang bisa kamu lakukan di rumah:

1. Yoga

Yoga adalah salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Untuk menghindari risiko cedera karena tak ada pelatih yang mengawasi, kamu tidak perlu melakukan gerakan yang rumit. Cukup lakukan beberapa gerakan yoga yang simple atau yang sudah pernah dipelajari sendiri.

Melakukan yoga sederhana juga dapat menjadi solusi untuk tetap sehat. Kamu bisa mencoba beberapa gerakan sederhana di rumah seperti, tree pose, cat-cow, dan mountain pose.

Selain untuk kesehatan fisik, yoga juga bagus untuk kesehatan mental, lho!

2. Joging

Joging bisa dilakukan di rumah, kok. Manfaatkan saja area pekarangan rumah untuk berlari-lari kecil bolak-balik, atau menggunakan treadmill. Manfaatnya sama saja, lho. Jadi di masa darurat corona ini kamu tak perlu keluar rumah deh...

3. Aerobik

Olahraga ini bisa dilakukan di rumah kok. Kamu tetap dapat melakukannya, dengan bantuan alat-alat sederhana seperti pemutar musik. Ya, meski tak seseru dilakukan di tempat latihan bersama teman-teman lainnya.

Agar tetap menyenangkan dan semangat, putar lagu dan panduan aerobik di televisi atau gawai, untuk memberikan suasana yang mirip dengan di tempat latihan. Lakukan olahraga ini kurang lebih selama 30 menit tiap sore hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Olahraga Kardio

Olahraga kardio telah lama dikenal efektif untuk menurunkan berat badan, menjaga sistem kekebalan tubuh, dan melindungi jantung dari berbagai gangguan. Salah satu kelebihan dari olahraga ini adalah bisa dilakukan di rumah tanpa peralatan.

Beberapa jenis gerakan yang bisa kamu coba adalah high knees yaitu gerakan yang dilakukan dengan menggerakan otot utama pada bagian paha dan betis pada kecepatan tertentu, atau burpee, yaitu olah gerak keseluruhan tubuh.

Burpee terdiri atas gerak jongkok (squat), tendang kedua kaki ke belakang (kick feet back), push-up, kembali melakukan squat (ke posisi jongkok) dan terakhir berdiri sambil berloncat. Jika lima gerakan tersebut dilakukan dengan benar, seluruh tubuh akan bergerak dan esensi olahraga benar-benar dilakukan.

5. Lompat Tali

Olahraga yang satu ini bisa jadi solusi bagi kamu yang ingin sesuatu yang mudah dan simpel. Skipping atau lompat tali bisa dilakukan di dalam rumah, tetapi tetap bisa membuat kamu berkeringat dan meregangkan otot. Lakukan olahraga ini setelah melakukan peregangan yang benar. Jika kuat, kamu bisa melakukannya 15 sampai 20 menit per hari.

6. Menari

Kalau kamu bosan atau kurang sreg dengan melakukan beberapa olahraga tadi, kamu bisa mencoba menari. Cukup putar musik favorit kamu sebagai pengiring, dan lakukan beberapa gerakan sederhana yang membuat seluruh anggota tubuh bergerak.

Meski tidak seserius olahraga lainnya, menari bisa jadi solusi lain untuk tetap bergerak dan hidup sehat saat berada di rumah.

Buat kalian yang nita olahraga di rumah, jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan ya sebelum memulai berolahraga...