Mengenal Digital Detox dan 3 Langkah Mudah Melakukannya

Jumat, 27 Maret 2020 – 11:31 WIB

Ilustrasi/Mengenal Digital Detox dan 3 Langkah Mudah Melakukannya

Ilustrasi/Mengenal Digital Detox dan 3 Langkah Mudah Melakukannya

JAKARTA, REQnews - Mungkin kamu asing dengan istilah 'digital detox'. Namun, program ini sudah banyak dilakukan oleh orang-orang di berbagai negara, terutama mereka yang kecanduan dengan gawai dan internet atau media sosial.

Nah, mengutip data Medicaldaily, setiap harinya 20 persen remaja sekolah menghabiskan waktu sebanyak lima jam per hari untuk mengamati dan beraktivitas di media sosial. Padahal, kebiasaan ini jelas tidak baik karena bisa menimbulkan kecemasan hingga masalah mental.

Jika kamu dalam kondisi kecanduan seperti itu, tandanya butuh digital detox. Seperti apa melakukannya? Berikut 3 langkah mudah melakukan digital detox.

1. Sediakan Ruangan Bebas Internet

Kamu harus menyiapkan sebuah ruangan di rumah, yang ketika masuk ke dalamnya, harus berjanji untuk tidak mengakses internet, terutama media sosial. Dengan begitu, kamu akan mengurangi ketergantungan pada gawai, dan sisi positifnya interaksimu dengan keluarga lebih meningkat.

2. Siapkan Daftar Kesibukan Bermanfaat

Jika kecanduan internet membuatmu tak produktif, tandanya kamu harus mencari aktivitas lain sebagai pengalihan, namun bermanfaat banyak. Kamu bisa kok melakukan olahraga, mencoba hobi baru atau keluar mencari teman. Jadi terhindar dari kebiasaan menyendiri sambil bermain gawai.

3. Manajemen Waktu

Supaya digital detox yang kamu jalani maksimal hasilnya, kamu harus pandai memanajemen waktumu sendiri. Kamu tetap boleh menggunakan gawai dan bermain di media sosial, namun harus dengan penerapan batas waktu.