4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan saat Internet di Rumah Lemot

Minggu, 29 Maret 2020 – 16:01 WIB

Ilustrasi/4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan saat Internet di Rumah Lemot

Ilustrasi/4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan saat Internet di Rumah Lemot

JAKARTA, REQnews - Ketika masa-masa isolasi atau #dirumahaja, banyak orang memilih untuk menghabiskan waktu dengan berselancar di dunia maya, atau nonton film streaming.

Tapi, aktivitas itu bakal berantakan kalau internet di rumahmu lemot? Duh, bikin pusing ya. Apalagi harus hubungi operator untuk menanyakan lambatnya koneksi internet, pastinya ribet lagi.

Tenang, mengutip businessinsider, ada 4 hal yang bisa kamu lakukan sendiri ketika internet di rumahmu lagi lemot. Berikut ulasannya:

1. Perhatikan Penempatan Router

Internetmu jadi lemot, salah satunya adalah karena penempatan router WiFi yang salah. Jauhkan router dari perangkat lain, seperti televisi, speaker komputer, sakelar, dan alat elektronik lainnya, karena itu menggangu koneksi. Anda sebaiknya menempatkan router di rak atau meja tersendiri.

 

2. Shutdown Perangkat yang Tak Perlu

Nah, salah satu masalah yang bikin internet lemot adalah berbagi dengan perangkat lain seperti tablet atau ponsel. Kalau kamu mau menikmati internet cepat, shutdown sementara perangkat lain agar dapat membebaskan bandwidth.

 

3. Kabel Ethernet

Kalian bisa mencoba memakai kabel ethernet, yang sudah teruji memberikan kecepatan internet dibanding mengandalkan WiFi. Untuk menikmati koneksi yang cepat, disarankan tidak menggunakan kabel ekstensi telepon.

 

4. Jangan Boros Data

Dalam kondisi ketika semua orang mengisolasi diri di rumah, maka pengguna internet semakin banyak. Anda jangan sampai menambah beban itu jika masih mau internet lancar-lancar saja. Jangan boros data internet, misalnya jika harus menelepon, maka pakailah telepon rumah atau data seluler saja, jadi tak menambah tumpukan beban internet utama.