Begini Etika Batuk dan Bersin yang Benar agar Tak Sebarkan Virus

Jumat, 03 April 2020 – 09:34 WIB

Ilustrasi etika batuk dan bersin yang benar (sumber: Puskesmas Ambunten)

Ilustrasi etika batuk dan bersin yang benar (sumber: Puskesmas Ambunten)

JAKARTA, REQnews - Sejak Covid-19 menyerang Indonesia, banyak orang merasa takut ketika melihat seseorang sedang batuk atau bersin. Mereka takut akibat batuk itu, corona menyebar.

Padahal, tidak semua batuk atau bersin menyebarkan corona. Tapi, untuk yang merasa sedang batuk-batuk atau bersin, tidak asal-asalan juga melakukannya. Semua ada etika yang benar.

Mengutip laman resmi Kementerian Kesehatan, berikut etika batuk dan bersin yang benar, agar tak menyebarkan virus dan tidak membuat orang lain takut:

1. Tutup Hidung atau Mulut

Ini adalah langkah dasar yang harus kamu lakukan jika sedang batuk atau bersin. Dengan menutup hidung atau mulut, kamu tidak menyebarkan droplet atau cairan ke orang lain. 

2. Cuci Tangan

Etika selanjutnya, setelah batuk dan bersin, sebaiknya kamu cuci tangan. Jika tak ada air, gunakan hand sanitizer untuk membunuh virus yang lengket di tangan. Hal ini menghindari kamu memegang benda lain dalam keadaan virus masih menempel, lalu menjangkit orang-orang di sekitar.

3. Pemakaian Tisu

Jika kamu bersin atau batuk, lalu menutup mulut dan hidungmu dengan tisu, maka segera buang benda itu ke tempat sampah. Tentu berbahaya jika tisu tak kamu buang, lalu dipegang oleh orang lain.

4. Gunakan Masker

Kamu bebas batuk dan bersin, tanpa harus menutup hidung dan mulutmu dengan tangan. Tapi, kamu harus menggunakan masker yang sesuai standar kesehatan.