Nih Cara Sederhana Atasi Nyeri Punggung Selama WFH

Senin, 16 November 2020 – 02:02 WIB

Bahaya Bagi Kesehatan, Begini Cara Sederhana Mengatasi Nyeri Punggung (Foto: Istimewa)

Bahaya Bagi Kesehatan, Begini Cara Sederhana Mengatasi Nyeri Punggung (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews – Duduk lama-lama emang paling gak enak apalagi saat diberlakukannya Physical Distancing. Di tambah hampir setiap orang sekarang bekerja di rumah atau work from home (WFH) berjam-jam duduk sambil main laptop.   

Menurut Assistant Clinical Professor di Rehabilitation and Regenerative Medicine, Columbia University Medical Center, Allen Chen, MD kondisi itu bisa memunculkan nyeri punggung. Bahkan bisa menjadi tanda penyakit yang serius, salah satunya Sindrom Cauda Equina.

Sindrom tersebut termasuk gangguan langka yang mempengaruhi akar saraf tulang belakang pada bagian bawah. Jika sudah merasakan nyeri lebih baik langsung menghubungi dokter terkait agar bisa mendapat penanganan lebih lanjut.

Apabila tidak segera ditangani sindrom tersebut bisa menyebabkan kelumpuhan, masalah kandungan kemih, usus, dan masalah seksual. Eits tenang dulu! Nyeeri punggung bisa diminimalisir lho, seperti tips di bawah ini.

1.      Memakai Bantal Sebagai Alas

Cara ini sudah gak asing lagi di masyarakat, tetapi sering kali diabaikan karena terkesan ribet dan tidak betahan duduk di bantal. Padahal fungsi bantal cukup membantu meminimalisir nyeri pada bagian punggung.

Selain bantal, kain atau handuk juga bisa dijadikan alas duduk yang tujuannya untuk mengurangi nyeri punggung di bagian bawah. Semakin tebal bantal yang digunakan maka akan semakin nyaman saat dipakai duduk.

2.        Posisi Duduk

Kalau tidak mempunyai bantal atau malas mengambil kain maupun handuk sebagai   alas, mengubah posisi duduk bisa jadi solusinya. Mengubah-ubah posisi duduk bisa membuat sedikit gerakan pada tubuh.

Bisa melakukan itu setiap satu jam sekali. Semakin sering mengubah posisi maka semakin banyak gerakan tubuh yang dilakukan. Meski memerlukan waktu lama di depan laptop, punggung tidak terlau berasa nyeri.

3.      Laptop di Posisi yang Tepat

Sebelum mulai bekerja pastikan laptop dalam posisi yang tepat yaitu di bawah atau posisinya setara dengan perut atau berada di atas paha sedikit. Jaraknya 40 – 75 cm dari mata, cara tersebut untuk menghindari mata lelah saat membaca layar laptop.

Selain itu, membentuk posisi duduk yang ideal agar bisa mengurangi nyeri punggung dan pegel mata, seperti menggunakan kursi empuk, duduk dalam posisi siku, dan posisi kaki rileks ke bawah.

4.      Istirahat

Kalau memang sudah merasa lelah maupun nyeri punggung lebih baik istirahat dulu. Minimal bisa melakukan istirahat selama 3 - 5 menit setiap 30 menit sekali. Saat istirahat bisa juga menggunakan waktu untuk melakukan gerakan ringan seperti lari di tempat atau melakukan gerakan dinamis.