Hai Mahasiswa, Ini Dia Kiat Agar Kamu Nanti Sukses Memulai Karier Hukum

Senin, 21 Januari 2019 – 07:00 WIB

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

JAKARTA, REQnews - Apakah Anda seorang mahasiswa yang tertarik pada karir hukum? Sebagai seorang mahasiswa, ada hal-hal yang dapat Anda lakukan sekarang untuk mengatur panggung karir Anda di masa depan sebagai seorang pengacara.

Bacalah kiat-kiat ini untuk mempersiapkan gelar sarjana hukum, dan periksa daftar keterampilan yang Anda butuhkan untuk berhasil dalam karier hukum. Ini dia 10 Tips Teratas untuk memulai karier hukum oleh Mike Profita dari thebalancecareers.

1. Belajar keras dan menyusun catatan keunggulan akademik saat di perguruan tinggi. Namun, jangan khawatir jika Anda tidak berada di puncak kelas Anda. Ada sekolah hukum untuk siswa dari hampir semua latar belakang akademis, karena ada daya saing yang sangat luas untuk masuk ke sekolah yang berbeda. Sekolah-sekolah hukum melihat lebih dari sekadar nilai-nilai Anda, tapi juga mereka peduli dengan keahlian Anda, ekstrakurikuler dan riwayat kerja Anda, dan alasan Anda melamar ke sekolah hukum.

2. Ambil beberapa kursus hukum jika ditawarkan di sekolah Anda untuk bereksperimen dengan jenis studi yang diperlukan dan untuk menguji minat Anda.

3. Pertimbangkan untuk memilih jurusan yang menantang secara akademis. Ini akan membantu Anda mengembangkan etos kerja yang kuat. Jurusan yang menantang juga akan membantu Anda mempraktikkan keterampilan penting yang akan diperlukan untuk karier hukum, seperti berpikir kritis, berargumentasi, dan menulis.

Jika Anda sudah tahu jenis hukum apa yang Anda minati, Anda dapat menggunakannya untuk membantu memutuskan jurusan Anda. Ilmu politik atau sejarah adalah jurusan besar bagi mereka yang tertarik pada pemerintah atau politik. Ekonomi dan bisnis sangat ideal bagi mereka yang tertarik pada hukum perusahaan, psikologi untuk hukum pidana, biologi untuk hukum kesehatan dan ilmu komputer atau teknik untuk teknologi atau hukum paten. Bahasa Inggris juga merupakan jurusan yang bagus untuk karier hukum di masa depan, karena membantu Anda mengembangkan keterampilan menulis dan berargumentasi.

4. Selidiki peluang melalui sekolah Anda untuk berpartisipasi dalam kegiatan debat lainnya. Sekolah hukum akan melihat keterlibatan ini sebagai bukti minat tulus Anda pada hukum; ini dapat membantu memisahkan Anda dari banyak pelamar yang memilih hukum sebagai opsi karier standar.

5. Pertimbangkan untuk berpartisipasi dalam organisasi karena Anda akan mendapatkan pengalaman dalam menyusun undang-undang untuk kampus Anda. Ini adalah pengalaman hebat lainnya untuk disebutkan dalam aplikasi sekolah hukum Anda.

6. Relawan dengan organisasi berbasis komunitas. Sebagian besar sekolah hukum tertarik pada pengacara yang akan menghabiskan sebagian waktunya untuk memajukan kepentingan publik. Beberapa posisi sukarela bahkan mungkin melibatkan penulisan memo, kampanye, atau keterampilan lain yang akan berharga dalam karier hukum di masa depan.

7. Tunjukkan keahlian menulis Anda karena hukum adalah profesi yang intensif menulis. Lakukan proyek senior atau studi independen, bekerja untuk koran kampus Anda, mengambil beberapa kursus bahasa Inggris, membuat blog, atau memilih jurusan intensif penulisan.

8. Melakukan wawancara informasi dengan sebanyak mungkin pengacara melalui koneksi alumni dan keluarga. Cobalah untuk berbicara dengan pengacara di berbagai bidang hukum untuk mendapatkan rasa yang kaya akan banyak bidang praktik hukum. Ini adalah cara yang baik bagi Anda untuk mempelajari bidang hukum apa yang paling menarik bagi Anda.

9. Bayangkan pekerjaan beberapa pengacara di bidang yang menarik untuk melihat bagaimana rasanya berada di posisi mereka selama beberapa hari. Sangat menyenangkan untuk pergi ke pengadilan dan mengamati proses! Bicaralah dengan seseorang di kantor layanan karir kampus Anda atau kantor alumni Anda, atau berbicara dengan teman keluarga yang berkarir dalam hukum untuk mengatur pengalaman bayangan pekerjaan.

10. Dapatkan pengalaman hukum dengan magang di firma hukum setempat atau lemaga bantuan hukum, atau magang dengan pembela umum atau pengacara distrik. Bekerja berdampingan dengan pengacara dapat membantu Anda memverifikasi minat Anda di bidang ini. Anda bisa melakukan magang di saat masa libur kuliah. (nls)