Biar Gak Ngembang, Nih Tips Menjaga Berat Badan saat Ramadan

Minggu, 19 April 2020 – 17:31 WIB

Biar Gak Lebar-an, Nih Tips Menjaga Berat Badan di Bulan Ramadan (Foto: Istimewa)

Biar Gak Lebar-an, Nih Tips Menjaga Berat Badan di Bulan Ramadan (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews – Tinggal menghitung hari bulan Ramadan akan tiba. Sahur dan berbuka akan menjadi rutinitas hampir sebulan penuh. Sebab itu janganlah makan berlebihan agar berat badan tetap ideal alias gak ngembang.

Makan berlebihan saat berbuka puasa maupun sahur ternyata berbahaya bagi kesehatan tubuh. Seperti yang dikatakan oleh Ahli Kesehatan dan Nutrisi, dr. Maria Charlotte BMedSci, makan berlebihan bisa menyebabkan banjir kalori di dalam tubuh.

Dampaknya bisa membuat wajah berjerawat, berat bedan bertambah, dan memicu penyakit lambung gastritis. Tentu akan sangat mengkhawatirkan apabila makan berlebih telah menjadi kebiasaan.

Nah, di bawah ini ada beberapa tips yang patut kamu ikuti agar tubuh tidak melebar seusai berpuasa Ramadan.

1. Kurangi Makanan Manis

Memakan yang manis-manis saat berbuka merupakan sunnah yang dianjurkan, seperti berbuka dengan 3 butir buah kurma, minum teh manis, maupun makan kolak. Tapi sunnah tersebut bisa menjadi mudharat kalau dilakukan dengan cara berlebihan.

Contohnya bisa memicu tambahnya berat badan, dan terkena penyakit diabetes. Sebab itu, mengonsumsi makanan manis sewajarnya saja dan tidak berlebihan.

2. Minum Air Putih

Lakukanlah kebiasaan meminum air putih baik sahur maupun saat berbuka. Air putih berfungsi untuk menjaga  berat badan selama berpuasa dengan memimun 2 gelas saat berbuka, 2 gelas setelah salat tarawih, dam 2 gelas saat sahur.

Selaian itu, penjadwalan rutin minum air putih di bulan puasa bisa untuk menjaga kondisi tubuh agar tidak terkena dehidrasi yang berlebihan.

3. Mengatur Waktu Makan

Saat puasa penjadwalan pola makan menjadi berubah, tapi asupan yang masuk bisa sama bahkan lebih. Maka dari itu, untuk mengurangi potensi lemak bertambah alangkah baiknya saat berbuka memakan yang ringan agar saat salat tarawih badan tidak terasa berat.

Ketika usai tawarih barulah boleh memakan makanan yang berat seperti nasi dan lauk-pauk lainnya. Kemudian jangan langsung tidur, berikan waktu jeda sebentar agar makanan dapat tercerna dengan baik.

4. Kurangi Makan Gorengan

Bulan puasa identik dengan berburu makanan jelang berbuka atau ‘ngabuburit’. Banyak pedagang yang menjual gorengan sebagai salah satu pilihan santapan buka puasa.

Kalau ingin tubuh tetap terjaga, lebih baik kurangi makanan yang mengandung banyak minyak seperti gorengan. Minyak berlebih tersebut yang nantinya bisa membuat perut terlihat buncit.

5. Makan Buah dan Sayur

Wajib mengonsumsi sayur dan buah saat berpuasa. Banyaknya vitamin yang terkandung mampu menjaga ketahanan diri atau daya imun tubuh agar tidak mudah terasa lelah maupun terkena sakit.

Buah atau sayur lebih baik dikonsumsi setelah salat tarawih, lalu dilanjut makan berat saat sahur. Tapi ingat, jangan pula berlebihan saat mengonsumsi keduanya. (Anita)