5 Manfaat Masak di Rumah Selama WFH yang Jarang Diketahui

Selasa, 17 November 2020 – 20:02 WIB

Masak di Rumah saat Physical Distancing Ternyata Banyak Manfaatnya! (Foto: Istimewa)

Masak di Rumah saat Physical Distancing Ternyata Banyak Manfaatnya! (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQNEWS – Belakangan selama karantina maupun work from home, banyak orang memposting kegiatan memasak di akun media sosialnya. Masak memang menjadi kegiatan menyenangkan selama #dirumahaja sekaligus paling ampuh dalam menghilangkan rasa bosan.

Namun tahukah kalian jika masak sendiri mempunyai beberapa manfaat loh. Selain lebih higienis, masak di rumah juga bisa mempererat hubungan dengan keluarga, dan menuntut seseorang lebih berpikir inovatif seperti meracik bumbu serta membuat menu masakan sendiri.

Berikut 5 manfaat masak sendiri di rumah yang jarang diketahui banyak orang, antara lain:

1.      Tahu Bahan-Bahan yang Digunakan

Terkadang kita suka parno kalau membeli makanan di rumah, bisa karena termpatnya yang kurang bersih, proses pembuatan, dan terpenting bahan-bahan yang digunakan.

Tapi akan berbeda kalau masak sendiri di rumah karena bahan yang digunakan saat masak akan lebih selektif, seperti menggunakan bumbu dapur dari bahan alami. Konon, menggunakan bumbu alami bisa membuat makanan menjadi lebih sedap.

2.      Pengeluaran Lebih Sedikit

Masak sendiri memang lebih hemat dan ramah di kantong, apalagi saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah mulai diterapkan. Selain hemat, masak sendiri juga bisa mengatur porsi makanan sendri mau banyak atau sedikit tanpa harus mengeluarkan uang lagi.

3.      Lebih Dekat dengan Keluarga

Melakukan kegiatan masak bersama keluarga bisa dijadikan agenda saat Physical Distancing seperti ini. Secara tidak langsung saat masak bersama dapat memperlihatkan kekompakan, kerja sama, dan pantang menyerah meski makanan yang dibuat gagal.

4.      Membuat Makanan Bergizi dan Seimbang

Membeli makanan di luar belum tentu dapat mencukupi 5 sehat 4 sempurna. Tetapi kalau masak sendiri di rumah bisa dengan mudah membuat makan dengan keseimbangan gizi yang cukup.

5.      Lebih Bersih

Makanan yang dibuat dengan bersih tentu akan menentukan kualitas kesehatan pada makanan tersebut, seperti mencuci bahan makanan terlebih dahulu sebelum mulai memasak agar bersih dari kotoran yang menempel.