Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ini Dia Kemampuan yang Harus Dimiliki Seorang Pengacara

Selasa, 22 Januari 2019 – 07:00 WIB

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

JAKARTA, REQnews - Jika Anda telah lulus, cobalah bekerja di firma hukum yang Anda minati, atau firma yang menerapkan jenis hukum yang Anda minati. Ini juga akan membantu Anda memutuskan karir hukum apa yang mungkin Anda inginkan.

Jika Anda mengikuti langkah-langkah ini sebelum menyelesaikan kuliah hukum, Anda akan lebih cenderung untuk membuat keputusan yang baik tentang karier hukum Anda.

Setiap karier hukum membutuhkan keahlian yang berbeda. Namun, ada beberapa keterampilan yang diperlukan untuk siapa pun dalam hukum.

Saat kuliah, cari peluang untuk mengembangkan beberapa keterampilan ini. Anda dapat mengerjakan keterampilan ini di kelas, ekstrakurikuler, dan kegiatan sukarela lainnya. Misalnya, Anda dapat mengembangkan keterampilan penelitian saat mengerjakan makalah tesis, atau mempraktikkan keterampilan kepemimpinan dan kerja tim Anda dengan berpartisipasi dalam organisasi kemahasiswaan.

Ada beberapa keahlian yang akan membantu Anda menonjol saat berkompetisi dalam karir hukum, seperti dikutip dari thebalancecareers.com, yakni:

Kemampuan analisis

Pengacara harus dapat menggunakan penilaian yang kuat untuk menilai kasus-kasus kompleks. Mereka harus meninjau dokumen dalam jumlah besar dan memahami mereka. Semua ini membutuhkan keterampilan analitis, pemikiran kritis, dan kemampuan memecahkan masalah. Keterampilan lain yang terkait dengan kemampuan analitis meliputi:Berpikir kritis, pemikiran logis, penyelesaian masalah, penilaian yang bagus

Kemampuan berkomunikasi

Komunikasi sangat penting untuk pengacara. Pengacara banyak menulis; mereka menyusun brief, resolusi, memo, dan banyak lagi. Mereka harus mampu menulis dengan jelas dan tanpa kesalahan. Pengacara juga membutuhkan keterampilan komunikasi verbal yang kuat, mereka harus dapat meyakinkan orang lain tentang argumen mereka. Mereka juga harus menjadi pendengar yang baik untuk memahami klien mereka. Keterampilan komunikasi lain yang diperlukan untuk pengacara meliputi: Menjelaskan ide-ide kompleks dengan jelas, mendengarkan, mediasi, perundingan, komunikasi nonverbal, keahlian persuasif, kemampuan presentasi, komunikasi lisan, komunikasi tertulis, dan kemampuan interpesonal.

Pengacara harus berinteraksi dengan baik dengan sejumlah orang, termasuk klien, panitera, dan hakim. Mereka harus dapat menjaga hubungan positif dengan klien mereka, dan mendengarkan dengan cermat kebutuhan klien mereka. Mereka juga harus mampu menyelesaikan konflik dan menengahi perselisihan. Semua ini membutuhkan kemampuan untuk bekerja dengan baik dan bergaul dengan orang lain.

Pengacara juga harus bisa bekerja dengan tim. Banyak firma hukum memiliki pengacara yang bekerja berpasangan atau dalam tim untuk kasus yang besar dan kompleks. Mereka harus dapat berbagi tugas dengan orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan, seperti menjaga hubungan dengan klien, kolaborasi, manajemen konflik, resolusi konflik, konseling, keterampilan layanan pelanggan, kecerdasan emosional, keterampilan orang, bekerja dengan orang lain.

Keterampilan penelitian

Banyak pekerjaan hukum membutuhkan kemampuan untuk meneliti undang-undang hukum, hukum kasus, pendapat yudisial, dan konsep hukum lainnya. Pengacara harus dapat dengan cepat dan efisien menemukan informasi yang mereka cari untuk mendukung kasus mereka. Beberapa keterampilan yang berkaitan dengan penelitian meliputi:Penyelidikan, penelitian hukum, mengajukan pertanyaan penelitian.

Etos kerja

Menjadi pengacara membutuhkan etos kerja yang kuat. Anda harus dapat mengatur waktu Anda dengan hati-hati, karena klien membayar Anda untuk setiap menit Anda bekerja. Anda harus teratur, berdedikasi, dan mampu menyelesaikan banyak tugas sekaligus. Beberapa keterampilan yang terkait dengan etika kerja yang kuat meliputi:Ambisi, perhatian terhadap detail, dedikasi, penentuan, antusiasme, motivasi, multitasking, organisasi, proaktif, pengembangan profesional, manajemen waktu

Keterampilan lainnya

Ada banyak keterampilan lain yang dibutuhkan untuk menjadi pengacara yang kuat. Mulai dari keterampilan kepemimpinan dan manajemen hingga keterampilan teknologi. Lihatlah beberapa keterampilan penting lainnya:Integritas, kepercayaan, ketajaman komersial, literasi keuangan, kepemimpinan, pengelolaan, kepemimpinan, pengelolaan, pengawasan, teknologi. (nls)