5 Tips Berolahraga Saat Puasa agar Tidak Dehidrasi

Minggu, 10 Mei 2020 – 17:03 WIB

Tips Berolahraga Saat Puasa agar Tidak Dehidrasi (Foto: Istimewa)

Tips Berolahraga Saat Puasa agar Tidak Dehidrasi (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews – Puasa jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan karena menahan lapar dan haus. Saat berpuasa tetap lakukanlah gerakan badan seperti olahraga agar tubuh tetap kembali bugar dan sehat.

Olahraga di bulan puasa boleh dilakukan asal tahu waktu yang tepat untuk melakukannya. Selain mampu mengeluarkan lemak bertumpuk, olahraga di saat puasa bisa juga membawa pengaruh postif bagi tubuh dan pikiran. Berikut tips berolahraga di waktu puasa.

1. Cermati Waktu Olahraga

Ada yang bilang olahraga yang tepat itu sebelum berbuka puasa, tapi ada juga yang menyebutkan setelah berbuka puasa. Lalu mana yang benar? Mengutip dari Islamicity, olahraga sebaiknya dilakukan setelah berbuka puasa karena energi yang didapat telah kembali setelah makan dan minum.

Namun Dokter Saptawati Bardosono berpendapat bahwa olahraga yang baik di bulan puasa dilakukan 30 – 60 menit menjelang buka puasa. Kedua pendapat ahli tersebut bisa diterapkan asal sesuai dengan porsi dan kemampuannya.

2. Jenis Olahraga

Penting untuk mengetahui jenis olahraga yang pas saat puasa. Tidak sarankan melakukan olahraga dengan intensitas berat. Lebih baik dan aman lakukanlah olahraga ringan sampai sedang.

Jenis olahraga yang bisa kamu terapkan adalah jogging, bersepeda, jalan kaki. Lakukanlah olahraga secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Perhatikan Asupan Makanan

Di bulan Ramadan pola makan seseorang akan berubah, yang seharusnya tiga kali sehari menjadi dua kali saja. Maka dari itu perhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Karena olahraga saja belum cukup kalau tidak disertai makanan bergizi.

Perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang dapat memenuhi kebutuhan zat gizi di dalam tubuh.

4. Minum Air yang Banyak

Terjadi dehidrasi berlebih saat berolahraga artinya asupan cairan di dalam tubuh tidak cukup. Asupan cairan per hari yang disarankan adalah 1,5 liter dan 2 liter. Kalau mau melakukan olahraga di sore hari kurangilah aktivitas berlebih di siang harinya.

Hal itu dilakukan agar tidak mengalami dehidrasi saat melakukan olahraga. Terlalu banyak mengeluarkan keringat saat puasa juga bisa menjadi penyebab dehidrasi.

5. Jam Tidur Cukup

Terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah porsi wakti tidur setiap hari. Apabila jam tidur kurang maka akan berpengaruh terhadap kinerja tubuh, waktu tidur yang ideal adalah 7-8 jam per hari. Kalau sempat luangkanlah waktu untuk tidur siang, tujuannya agar ketahanan tubuh tetap terjaga sampai sore hari. (Anita)