Viral! Ciri-ciri Online Shop Penipu di Instagram Ala Anak TikTok

Kamis, 28 Mei 2020 – 07:05 WIB

Viral! Ciri-ciri Online Shop Penipu di Instagram Ala Anak TikTok (Foto: Istimewa)

Viral! Ciri-ciri Online Shop Penipu di Instagram Ala Anak TikTok (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Saat ini, media sosial banyak digunakan sebagai lapak berjualan. Berbeda dengan e-commerce atau marketplace, jejaring sosial manapun tidak memiliki sistem keamanan untuk melindungi konsumen saat melakukan transaksi jual-beli.

Alhasil, tak sedikit orang yang akhirnya kena penipuan, salah satunya transaksi yang dilakukan di Instagram. Modus mereka gunakan sangat mudah di tebak selalu menggunakan slogan penjual terpecaya dan jujur dan lain-lain.

Nah, agar tak kena tipu para oknum nakal Instagram, baru-baru ini pengguna Tiktok @eggmaio, mengunggah tiga video terkait ciri-ciri akun Instagram jualan penipu. Videonya viral hingga diunggah ke berbagai platform media sosial.

Video diunggah terduri dari tiga part. Ia mengunggah tiga video tersebut di waktu yang berbeda, terakhir pada part ketiga, ia menguploadnya pada hari Sabtu 16 Mei 2020.

Yang menjadikan video ini viral adalah pengguna Tiktok @eggmaio menjelaskan pengetahuannya mengenai bisnis jual-beli asli dengan aksi tipu-tipu begitu terbuka.

Dengan penjelasannya yang lugas serta rinci, warganet bisa dengan mudah memahami apa yang dimaksudkan pengguna Tiktok satu ini. Sebab, informasi yang diberikan langsung disertakan dengan contoh pada salah satu Instagram jualan tipuan.

Pada video pertama ini memberitahukan 'Ciri-ciri olshop penipu di Instagram check'.

“Part satu, yang pertama langsung aja klik di kolom komentar, kalau misalnya di kolom komentar dibatasi, itu tinggalin aja pasti penipuan. Dan biasanya itu ngasih harga promo yang gak masuk akal," kata seorang wanita di video.

"Terus lanjut, jangan tertipu sama jumlah follower, karena follower bisa beli, terus misalnya kalau ada link, klik aja. Karena biasanya jika dengan follower banyak dia pasti sediakan akun e-marketplace, tapi ini cuma WA, hati-hati aja kalau penipuan,” sambungnya.

Pada part 2, akun online shop penipu di Instagram memberikan alamat lapak jualan untuk meyakinkan konsumen. Tak hanya itu mereka juga menghilangkan tag (tandai) karena bakal ketahuan bohongnya.

Dan, yang paling penting adalah iklan atau sponsor yang muncul di beranda atau Instagram Story juga perlu diwaspadai. Tak menutup kemungkinan mereka menggunakan layanan yang diberikan Instagram itu.

Di part 3 atau terakhir, para pembeli diminta mengecek informas akun Instagram online shop. Caranya dengan buka profil dan klik titik 3 yang ada pada bagian atas akun. Kemudian pilih 'Tentang Akun Ini'

"Tapi gak semua olshop ada tulisan ini. Terus ada tulisannya nama pengguna akun sebelumnya. Semakin banyak angkanya (jumlah akun tersebut mengganti usernamenya) semakin meyakinkan (penipu)," katanya.

Cek videoya di bawah ini: