Pak Hakim Rambutnya Botak? Coba 5 Herba Ini agar Tumbuh Lagi

Kamis, 28 Mei 2020 – 08:09 WIB

Ilustrasi rambut botak

Ilustrasi rambut botak

JAKARTA, REQnews - Duh pak hakim, pak jaksa, pak polisi, pasti kurang pede ya kalau lagi menjalankan tugas, sudah dengan pakaian rapi, tapi rambutnya botak. Tentunya serasa ada yang kurang kan?

Nah, sebenarnya masalah rambut botak ini dialami oleh banyak pria. Tapi, banyak juga yang tak tahu cara menumbuhkannya kembali secara alami, lalu memilih bahan-bahan kimia yang justru berisiko merusak rambut.

Tapi, ada kok beberapa tanaman herba yang sejak zaman kuno terbukti ampuh menumbuhkan kembali rambut pada kepala yang sudah botak, berikut 5 di antaranya:

1. Urang Aring

Tanaman yang satu ini, khasiatnya bukan hanya untuk menghitamkan rambut saja. Lebih dari itu, dalam penelitian tahun 2014, urang aring terbukti merangsang folikel dan memicu siklus pertumbuhan rambut, setelah diujikan pada tikus yang dibotakin terlebih dahulu.

 

 

2. Bunga Sepatu

Herba ini juga merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk rambut. Bunga sepatu diyakini melancarkan peredaran darah di kulit kepala, merangsang folikel dan dapat menebalkan kembali rambut.

 

3. Lidah Buaya

Getah pada lidah buaya diyakini dapat memberi nutrisi lebih pada kulit kepala Anda. Khasiatnya dapat menopang akar dan batang rambut, sehingga kebotakan bisa tercegah. Selain itu, pada pemakaian yang rutin sebagai masker, lidah buaya dapat menumbuhkan kembali rambut yang sebelumnya sudah rontok.

 

4. Gletang

Nama lain tumbuhan liar ini adalah Tridax Procumbent. Meskipun liar, namun gretang diyakini mengandung zat antioksidan yang baik dalam merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat.

 

5. Ginseng

Bukan cuma untuk menambah stamina dan kejantanan pria saja, ginseng Asia atau Panax Ginseng mengandung saponin yang dapat merangsang pertumbuhan rambut dan menghambat kebotakan akibat reduktase 5a. Olah ginseng menjadi minyak rambut atau masker, sesuai kenyamanan masing-masing.