Cara Aman Mengemudi Bersama dengan Bayi

Minggu, 31 Mei 2020 – 09:03 WIB

Cara Aman Mengemudi Bersama dengan Bayi

Cara Aman Mengemudi Bersama dengan Bayi

JAKARTA, REQnews - Bagi pasangan suami istri tentu bukan hal mudah untuk membawa anak yang masih bayi berpergian dengan mobil. Nah, supaya aman dan nyaman, maka perlu mempersiapkan segala sesuatu di dalam mobil sebelum melakukan perjalanan.

Melansir mobil88, berikut beberapa hal yang patut diperhatikan saat mengemudi bersama bayi :

 

Sediakan Kursi Bayi

Mungkin ini belum menjadi hal wajib bagi sebagian orang. Tetapi, pemilik mobil yang memiliki bayi harus memiliki kursi khusus bayi. Dibanding memangku atau menggendong bayi saat dalam perjalanan di mobil, menggunakan kursi bayi akan lebih aman.

Pastikan memilih kursi bayi yang pas sesuai dengan umur anak Anda. Terdapat beberapa pilihan kursi bayi yang dijual di pasaran. Mulai dari kursi khusus bayi 0-6 bulan, 6-12 bulan, atau 12-48 bulan.  

 

 

Jangan Biarkan Bayi Sendirian

Saat membawa bayi di dalam mobil, pastikan agar sang ibu duduk di sampingnya. Jangan biarkan bayi sendirian di belakang karena dikhawatirkan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Bila ingin menjaga keamanan dengan tepat, meletakkan kursi bayi yang benar adalah di baris belakang mobil. Untuk bayi di bawah 6 bulan adalah menghadap ke belakang kaca mobil, sedangkan bayi di atas 6 bulan sudah bisa menghadap ke depan kaca mobil.

Jika memang ingin meletakkan anak di baris depan mobil, pastikan umurnya sudah lebih dari 2 tahun. Untuk yang bobotnya berat dan ukuran tubuh besar (di luar berat badan normal), Anda bisa menggunakan booster seat untuk tetap memberikan kenyamanan kepada balita.

 

Pastikan Kebutuhan Bayi Terpenuhi

Selain memperhatikan tempat duduk bayi, pastikan untuk menyediakan segala keperluannya di dalam mobil dengan rapi. Sediakan kotak khusus yang berisi makanan, minuman, kudapan, tisu kering, tisu basah, popok, dan baju ganti di dalamnya. Untuk menjaga sterilitas, pisahkan jadi dua jenis kotak dan letakkan kotak makanan di sampingnya agar lebih mudah ketika waktu makan tiba di perjalanan.

Selamat mecoba dan semoga berguna! (Bins)