6 Cara Sederhana untuk Membuat CV dan Resume

Rabu, 23 Januari 2019 – 23:00 WIB

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

JAKARTA, REQnews - Apakah Anda memasukkan semua, jika Anda melakukannya, saatnya untuk berhenti. Sertakan bagian terbaik, dan singkirkan sisanya. Semakin banyak informasi yang Anda masukkan pada CV dan resume Anda, semakin sulit bagi pembaca untuk melihat hal-hal penting dalam karier Anda.

Berikut adalah enam cara mudah untuk mempersingkat CV dan resume Anda dan membuatnya menonjol, seperti yang diungkapkan Avery Blank, ahli strategi dan seorang advokat yang dirilis di pinterest.co.uk.

1. Sebutkan informasi kontak yang berguna, bukan hanya untuk formalitas.

Untuk alasan privasi, jangan sertakan nomor jalan. Tidak ada yang perlu tahu persis di mana Anda tinggal. Calon bos Anda kemungkinan besar akan berkomunikasi dengan Anda melalui email dan telepon.

2. Jagalah pernyataan objektif dan singkat.

Kebanyakan pernyataan objektif terlalu panjang. Pertimbangkan untuk menggunakan apa yang saya suka sebut “frase eksekutif” dua atau tiga baris yang menangkap pengalaman .

Ungkapan eksekutif adalah kesempatan Anda untuk memberi tahu pembaca siapa Anda. Jika Anda memberikan terlalu banyak informasi di sini, pembaca mungkin kehilangan nilai Anda dan, pada gilirannya, mungkin tidak tahu di mana harus menempatkan Anda. Beri tahu orang-orang apa yang paling Anda ingin mereka ketahui tentang Anda.

3. Fokus pada prestasi, bukan deskripsi pekerjaan.

Sering kali bagian pengalaman diisi dengan uraian pekerjaan, yang lengkap dan panjang. Berfokuslah pada apa yang Anda capai dalam peran Anda, bukan segala sesuatu yang diperlukan oleh peran itu.

4. Gunakan poin-poin.

Informasi dalam bentuk paragraf bisa sulit untuk dicerna, terutama ketika meninjau resume dalam hitungan detik. Poin-poin membuat informasi mudah dicerna.

5. Gunakan nomor.

Angka membantu pembaca resume Anda untuk lebih memahami. Ini adalah cara yang ilustratif dan efisien untuk menyampaikan pencapaian Anda. Nomor lebih efektif daripada menggunakan banyak kata untuk menggambarkan apa yang Anda lakukan.

6. Jangan Microsoft Office.

Jangan menyertakan program teknis atau komputer seperti Microsoft Office. Anda diasumsikan tahu cara menavigasi program umum. Bagikan keahlian teknis dan profesi yang kurang umum dan lebih spesifik untuk peran Anda.

Biarkan pembaca menghargai bagian terbaik tentang Anda. Dan jangan khawatir jika Anda mengabaikan informasi. Gunakan informasi ini untuk terus menambahkan nilai dan menjaga percakapan.(nls)