Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!
Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!

7 Cara Meningkatkan Karier Hukum

Jumat, 25 Januari 2019 – 23:00 WIB

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

JAKARTA, REQnews - Jadi, Anda sedang mempertimbangkan karir hukum, tetapi tidak tahu harus mulai dari mana? Tentunya Andaa sudah tahu bahwa industri jasa hukum sangat menjanjikan, bahkan sebagian orang rela membayar profesional hukum yang kompeten dengan keahlian yang diminta dengan harga mahal.

Di bawah ini ada tujuh kiat dari thebalancecareers.com untuk memulai dan meningkatkan karier di bidang hukum.

1. Didik Diri Sendiri

Salah satu cara terbaik untuk menggerakkan karier hukum Anda adalah dengan memajukan pendidikan Anda. Untuk maju dalam beberapa bidang khusus Anda mungkin memerlukan gelar lanjutan atau sertifikasi profesional untuk menunjukkan komitmen terhadap profesi dan meningkatkan kredibilitas professional

2. Manfaatkan Keahlian Anda

Jika Anda memiliki pengalaman atau latar belakang di bidang lain seperti akuntansi, keperawatan, teknik atau ilmu fisik, Anda dapat memanfaatkan keahlian Anda menjadi peluang karir baru di bidang hukum, baik melalui konsultasi atau melalui spesialisasi di bidang tersebut.

Misalnya, Anda memiliki fondasi yang kuat dalam bidang teknik atau ilmu fisika dapat memberi Anda keunggulan di bidang kekayaan intelektual, akuntansi dapat membuka pintu di bidang hukum pajak.

3. Lakukan Penilaian Mandiri

Sebelum memulai jalur karier di bidang hukum, penting untuk melakukan penilaian mandiri secara jujur untuk menentukan apakah karier di bidang hukum cocok untuk Anda. Buatlah daftar kekuatan dan kelemahan Anda dan tinjau secara objektif pengalaman dan kredensial Anda untuk menentukan apakah karier di bidang hukum cocok untuk Anda. Keterampilan yang diperlukan untuk semua profesional hukum termasuk keterampilan menulis dan komunikasi yang kuat, kepatuhan yang ketat terhadap tenggat waktu, kemampuan organisasi dan laiannya.

4.Teliti Lapangan

Kekecewaan karir tidak jarang terjadi dalam profesi hukum, khususnya di kalangan pengacara. Karenanya, bijaksana untuk membaca literatur dan menjelajahi situs web untuk informasi yang berkaitan dengan kualifikasi, tugas, persyaratan pendidikan, gaji dan prospek pekerjaan yang berkaitan dengan posisi hukum di mana Anda tertarik. Anda juga dapat mengunjungi pusat karir sekolah hukum setempat untuk mempelajari lebih lanjut tentang sekolah hukum dan bidang hukum. Berbicara dengan pengacara, mahasiswa hukum, dan profesional hukum lainnya tentang sifat profesi juga akan menambah basis pengetahuan Anda.

5. Kembangkan Kontak Profesional

Salah satu cara terbaik untuk belajar tentang profesi hukum secara umum dan peluang kerja, khususnya, adalah dari mulut ke mulut. Anda harus berjejaring untuk mendapatkan kontak profesional dan belajar tentang profesi. Hubungi firma hukum, departemen hukum perusahaan, dan agen staf hukum. Hadiri pertemuan konferensi, seminar, dan makan siang dan berbicara dengan orang-orang yang bekerja di bidang hukum untuk mempelajari lebih lanjut tentang profesi dan lowongan pekerjaan yang tersedia.

6. Mahir dalam Teknologi

Saat kemajuan teknologi merevolusi industri hukum, penting untuk menjadi mahir dalam aplikasi teknologi yang berkaitan dengan bidang yang ingin Anda masuki. Pengacara yang mengerti teknologi, memiliki keuntungan signifikan di pasar hukum saat ini.

7.Temukan seorang Mentor

Menemukan seorang mentor dengan pengalaman dalam profesi hukum yang ingin Anda masuki adalah cara yang bagus untuk memulai karir di bidang itu. Seorang mentor dapat mendidik Anda mengenai manfaat, prospek pekerjaan,gaji dan tugas sehari-hari profesi. Seorang mentor juga dapat membimbing Anda melalui transisi ke karir hukum, membekali Anda dengan pengetahuan tentang bidang tersebut, merujuk Anda klien baru dan mengarahkan Anda menuju peluang baru. Untuk menemukan mentor, hubungi asosiasi pengacara lokal Anda. (nls)