Insomnia? Ini Tips Mengatasinya

Sabtu, 12 September 2020 – 23:03 WIB

ilustrasi

ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Dimasa pandemi seperti ini, menjaga kesehatan harus ekstra ketat. Salah satunya dengan menjaga kualitas tidur. Sebab, kualitas tidur seseorang menjadi salah satu faktor sistem kekebalan tubuh. Namun, saat ini banyak orang yang mengalami insomnia sehingga kualitas tidurnya terganggu.

Insomnia merupakan suatu kondisi dimana tubuh susah untuk tertidur. Kondisi ini sangat mempengaruhi tubuh dan menurunkan fungsi pada tubuh. Efek dari insomnia sendiri dapat menurunkan kekebalan imun, serta berkonsentrasi. Penyebab dari insomnia sendiri bisa karena stres, cemas, dan kebiasaan tidur yang buruk.

Insomnia memang bisa diatasi dengan obat tidur, namun tetap harus sesuai anjuran Dokter. Selain itu, meminum obat tidur berlebih tidak baik untuk kesehatan tubuh. Untuk mengatasinya, simak beberapa tips berikut ini.

Minum segelas susu sebelum tidur
Salah satu upaya dalam mengatasi insomnia adalah dengan meminum susu. Cobalah untuk meminum segelas susu hangat pada malam hari menjelang tidur. Sebab, susu memiliki kandungan kalsium yang membantu otak memproduksi hormon melatonin, dan bisa mengatasi insomnia.

Mandi air hangat
Salah satu cara mengatasi insomnia yang paling efektif adalah mandi dengan air hangat sebelum tidur. Perlu diketahui, setelah mandi dengan air yang hangat, badan akan menjadi rileks dan membuat tubuh cepat mengantuk.

Ciptakan suasana yang nyaman
Suasana kamar juga sangat berpengaruh dalam mengatasi insomnia. Atur suhu udara agar tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Matikan lampu utama agar cahaya seolah-olah redup. Jika masih terang, otak akan merangsang mata untuk tetap segar.

Membaca buku sebelum tidur
Cobalah untuk membaca buku yang Anda sukai. Usahakan buku yang Anda baca topiknya ringan. Hindari membaca ebook atau membaca buku dari gadget, karena cahaya biru yang dipancarkan dari layar gadget bisa mengganggu produksi hormon melatonin, dan membuat Anda tetap segar.

Kurangi kafein dan alkohol
Pada dasarnya, makanan atau minuman yang mengandung kafein atau alkohol bisa membuat tubuh terjaga dan tetap segar. Maka dari itu, sebaiknya tidak mengkonsumsi kafein jika Anda mengalami insomnia. (Apriel)