5 Tips untuk Memastikan Arbitrasi Sukses

Senin, 28 Januari 2019 – 19:00 WIB

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

JAKARTA, REQnews - Menyelesaikan sengketa dipengadilan membutuhkan waktu dan biaya yang mahal. Karena itu, arbitrase merupakan salah satu cara paling populer untuk menyelesaikan konflik dan perselisihan, karena waktu yang lebih cepat,sehingga biaya menjadi lebih murah.

Arbitrase adalah bentuk penyelesaian sengketa dengan bantuan pihak ketiga yang independen yang membuat keputusan akhir. Ini adalah alternatif untuk tindakan pengadilan, keputusannya final dan mengikat.

Berikut ini kiat untuk menyelesaikan konflik di arbitrase dari DLE Court Reporters, perusahaan yang salah satunya bergerak dalam bidang hukum.

1. Mudah dipahami. Mempresentasikan latar belakang kasus Anda dengan jelas dan dapat dipahami.

2. Memudahkan arbiter untuk mengikuti kasus ini. Pertimbangkan untuk menyediakan buku catatan dokumen untuk penggunaan selama audiensi, pastikan untuk menyertakan informasi integral lainnya untuk membantu arbiter memahami topik dengan jelas.

3. Pilih seorang arbiter yang memiliki keahlian dalam kasus yang Anda alami. Tentu ini akan menghemat waktu dan instruksi yang tidak perlu. Misalnya, para pihak dapat memilih arbiter medis jika perselisihan bersifat medis sehingga bukti yang disajikan tidak asing.

4. Tetap profesional. Hindari bermain game, dan melakukan serangan pribadi. Bersikaplah baik. Emosi dapat berjalan tinggi bahkan dalam arbitrase, Anda harus mampu mengendalikan diri.

5. Pastikan Anda menyimpan catatan prosesnya. Membuat transkripsi arbitrase pra-persidangan sangat berharga ketika memikirkan kembali strategi. (nls)