Tips Mengontrol Nafsu Makan yang Berlebih

Selasa, 15 September 2020 – 12:02 WIB

ilustrasi

ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Tanpa disadari, banyak orang kerap makan secara berlebihan tanpa mempertimbangkan porsi dan kebutuhan gizi tubuh dan hanya menuruti keinginan. Nafsu makan berlebihan dan kebiasaan ngemil tanpa kontrol terkadang muncul saat seseorang sedang stress atau sedang banyak tekanan.

Namun jika menuruti nafsu makan berlebihan menjadi kebiasaan, tubuh akan memiliki banyak masalah kesehatan di kemudian hari. Banyak cara untuk mengurangi nafsu makan yang berlebih, berikut beberapa diantaranya:

1. Perhatikan porsi makan
Kesalahan persepsi pada porsi makan, dapat mempengaruhi seseorang akan makan berlebihan. Cara mengurangi makan berlebihan bisa dimulai dengan memperhatikan porsi makan. Studi menunjukkan, makan dengan piring lebih kecil bisa mengurangi dorongan makan berlebihan ketimbang makan dengan piring besar. Makan di piring kecil dapat membantu memberikan persepsi, tubuh sudah cukup mendapatkan suatu asupan.

2. Minum air putih sebelum makan
Minum air putih sebelum makan dapat mengurangi nafsu makan yang berlebihan, karena dapat membantu memberikan rasa kenyang, sehingga bisa mengurangi keinginan makan yang berlebih.

3. Upayakan untuk fokus saat makan
Sejumlah orang yang terbiasa makan sambil melakukan kegiatan tertentu seperti bermain hp, nonton tv, dan sebagainya, berakibat menjadi tidak fokus dengan apa yang dikonsumsi. Akibatnya, makan pun tanpa sadar jadi berlebihan. Untuk itu, disarankan ketika makan sebisa mungkin harus fokus dengan kegiatan makan dan kurangi kegiatan lain ketika.

4. Jangan lewatkan sarapan
Banyak orang yang sering melewatkan waktu sarapan, dengan tujuan untuk menjaga berat badan supaya tidak naik. Itu merupakan hal yang salah, karena melewatkan waktu sarapan dapat membuat kita makan berlebihan di lain waktu. Sarapan sehat dan seimbang dapat mencegah makan berlebihan saat siang dan malam hari.

5. Kendalikan Stres
Stres dapat menyebabkan seseorang akan makan dengan jumlah berlebih, karena tubuh akan mengirimkan sinyal ke otak karena tubuh kehilangan banyak energi selepas menghadapi tekanan. Jika Anda mencari cara untuk mengurangi nafsu makan, maka harus bisa mengontrol stress. Ada beberapa cara untuk mengontrol stres, diantaranya dengan melakukan olahraga atau meditasi di rumah. (Jihan)