Biar Gak Cepat Tua, 5 Hal Ini Wajib Dihindari saat Olahraga

Rabu, 16 September 2020 – 11:32 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Banyak orang meyakini, rajin olahraga bisa meremajakan kembali tubuh dan membuat awet muda. Kenyataannya tak selalu demikian, karena banyak orang yang berolahraga rutin, justru jadi tampak cepat menua.

Kenapa demikian? Tentu, ada yang keliru dari cara Anda berolahraga sehari-hari, jika kasusnya seperti itu. 

Mengutip The Healthy, berikut 5 kesalahan yang wajib Anda hindari agar olahraga tak menjadikan tubuh lebih cepat tua.

1. Posisi dan Postur

Banyak orang meremehkan posisi dalam olahraga, yang tak disesuaikan dengan postur tubuh. Posisi dalam olahraga, semisal berdiri, duduk, atau berbaring, bisa berpengaruh besar pada postur tubuh. Jika terjadi ketidaksesuaian, salah satu dampaknya adalah membuat tulang belakang jadi tampak bungkuk seperti orang yang sudah lanjut usia.

2. Terlalu Sering

Umumnya, para pakar menyarankan olahraga 30 menit dalam sehari. Namun, banyak orang justru melakukannya berjam-jam melebihi batas kemampuan tubuh. Olahraga tanpa henti akan memberi efek insulin dan peningkatan gula darah. Ujung dari masalah ini adalah, kulit jadi tampak tak elastis dan mudah keriput.

3. Olahraga Ringan

Sering melakukan olahraga ringan juga tak ideal untuk tubuhmu. Cobalah sesekali berolahraga berat, yang membuatmu harus mengeluarkan tenaga ekstra, seperti angkat beban atau sprints. Olahraga ringan hanya akan membuat otot-ototmu kendur, dan menjadikanmu seperti orang tua.

4. Menyepelekan Waktu Rileks

Olahraga berat boleh-boleh saja. Tapi, jangan setiap hari karena akan membuat ototmu selalu tegang. Cobalah, sesekali waktu, melakukan olahraga yang membuat tubuh rileks, seperti yoga atau senam ringan.

5. Olahraga Kardio Berlebihan

Olahraga kardio seperti bersepeda atau jogging memang mudah dilakukan dan lebih mengasyikkan. Tapi, ingat, otot juga perlu terus diremajakan agar tubuh tetap awet muda. Olahraga kardio, meskipun menyehatkan tapi tak akan membuat otot-ototmu terjaga.