Kiat Sehat di Musim Penghujan, Ini yang Harus Dilakukan

Senin, 28 September 2020 – 12:31 WIB

Ilustrasi Hujan (Foto:Istimewa)

Ilustrasi Hujan (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Musim hujan telah tiba, perubahan iklim kadang membuat orang mudah sakit, apalagi saat ini sedang pandemi Covid-19, haruslah kita pandai-pandai menjaga imun tubuh.

Meskipun musim hujan membawa kelegaan dari musim panas yang terik, namun juga membawa beberapa penyakit yang biasanya datang dimusim hujan. Infeksi virus seperti flu biasa, batuk dan demam adalah penyakit umum yang harus diwaspadai.

Untuk menghindari berbagai penyakit tersebut ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, yaitu Anda harus menghindari basah kuyup saat hujan, lalu di rumah AC dihidupkan pada suhu normal. Perbanyak minum air putih yang bersih, ini penting dilakukan untuk mencegah banyak penyakit.

Selama musim hujan Tifus dan Malaria adalah dua penyakit mematikan. Tifus juga disebut demam enterik dan gejalanya adalah tinja berair dan demam. Malaria di sisi lain disebabkan oleh nyamuk Anopheles betina. Masalah genangan air bertanggung jawab atas perkembangbiakan. Karena itu bersihkan rumah secara rutin.

Selama musim hujan, sistem kekebalan tubuh kita menjadi lemah. Jadi dianjurkan makan makanan ringan dan hindari masakan pedas dan gorengan. Makan lebih banyak buah dan sayuran sebagai gantinya.

Penyakit lain seperti Diare dan Kolera disebabkan oleh makanan dan air yang terkontaminasi oleh bakteri atau parasit. Fasilitas sanitasi yang buruk dan kondisi yang tidak higienis menimbulkan Kolera. Meskipun Kolera dapat diobati dengan mudah, tetapi jika pengobatan tidak dilakukan tepat waktu, hal itu terbukti berbahaya.

Terakhir, namun tidak kalah pentingnya, seseorang harus merawat kulitnya. Sepatu dan pakaian basah harus segera diganti dan Anda harus selalu menjaga kulit tetap kering. Jika ada infeksi pada kulit maka bedak antijamur terbukti bermanfaat.

Jadi Anda harus mengambil tindakan kecil dan pencegahan untuk mencegah penyakit sejak awal. Seperti pepatah lama mengatakan “Mencegah lebih baik daripada mengobati”. Salam Sehat!