Jaga Stamina untuk Terhindar dari Penyakit, Ini Caranya

Selasa, 29 September 2020 – 23:32 WIB

Ilustrasi Menjaga Stamina (Foto:Istimewa)

Ilustrasi Menjaga Stamina (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Anda pasti sering bertanya-tanya bagaimana cara meningkatkan stamina secara alami? Ada steroid dan suplemen yang tersedia tetapi itu bukan cara yang disukai banyak orang untuk meningkatkan stamina. Ini cara terbaiknya!

Bagian terbaik untuk meningkatkan stamina adalah dengan cara alami yang merupakan kombinasi dari pola makan, olahraga dan modifikasi gaya hidup.

Meningkatkan stamina bukanlah proses yang dapat terjadi secara mendadak. Anda harus bersabar dan lambat. Jika Anda berencana meningkatkannya dengan olahraga dan telah mempelajari latihan baru, jangan memaksakan tubuh Anda untuk melakukan 20 set sekaligus. Luangkan waktu Anda dan biarkan tubuh Anda beradaptasi dengan kecepatannya sendiri.

Dikutip dari indiatimes, ini 12 cara terbaik untuk melakukannya.

Makan yang sehat
Bagi banyak orang, stamina hanyalah tentang aktif secara fisik. Itu tidak benar. Ini karena untuk berolahraga dan melakukan latihan secara efektif, tubuh Anda membutuhkan bahan bakarnya, yaitu nutrisi. Pilih makanan rendah lemak, tinggi protein, dan lebih banyak makanan mentah.Pastikan untuk memasukkan karbohidrat
Jangan pernah melewatkan karbohidrat. Mereka penting untuk pembentukan otot. Juga, mereka meningkatkan pati dan gula dalam tubuh Anda, meningkatkan stamina dan daya tahan Anda. Jadi, ada baiknya memiliki biji-bijian, pasta, roti cokelat, dan sereal.

Mulailah dengan hal-hal yang Anda sukai
Apakah Anda seorang penari atau yoga? Pilih apa yang Anda suka. Baik itu Zumba, aerobik, bulu tangkis, tenis, kriket, atau gym, jika Anda menyukai apa yang Anda lakukan, Anda tidak memerlukan motivasi lain untuk melakukannya. Dan lakukan olahraga secara teratur. Para ahli mengatakan bahwa untuk menjaga tingkat kebugaran minimal, Anda harus berolahraga setidaknya 30 menit sehari dan 5 hari seminggu. Anda harus bertekad karena membangun stamina akan memakan waktu.
Batasi waktu 'istirahat' Anda. Meskipun istirahat itu penting dan disebut waktu perbaikan untuk tubuh Anda, mulailah menguranginya secara bertahap. Misalnya, jika Anda beristirahat selama dua menit setelah tiga set latihan, kurangi durasinya menjadi satu menit, 30 detik. Kemudian setelah beberapa minggu, kurangi menjadi satu menit dan seterusnya.

Istirahatlah yang cukup
Membatasi waktu istirahat di antara set tidak berarti Anda tidak perlu mengistirahatkan tubuh Anda. Anda tidak boleh memaksakan tubuh Anda melebihi batas yang dituju. Jika Anda merasa tidak bisa menahan stres, lebih baik berhenti. Selain itu, selalu pastikan Anda mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Tidur yang cukup adalah langkah paling penting menuju hidup yang lebih sehat tetapi seringkali orang mengabaikannya. Jika Anda ingin membangun stamina, jangan pernah abaikan.

Makan beberapa kali sehari
Cobalah untuk memiliki kebijakan lima kali makan dengan porsi lebih kecil daripada kebijakan tiga kali makan dengan porsi lebih besar. Ini akan meningkatkan metabolisme tubuh Anda karena akan ada pasokan energi yang berkelanjutan. Selain itu, jika Anda makan dalam porsi besar, tubuh Anda kemungkinan besar akan lesu setelah itu. Protein sangat penting untuk kesehatan otot. Pastikan Anda tidak pernah melewatkan sumber protein yang baik seperti telur, produk susu, ayam, dan kacang-kacangan.
Makan lemak yang baik. Anda harus membatasi asupan lemak tetapi tidak untuk lemak yang baik. Anda harus mengetahui perbedaan antara lemak baik dan lemak jahat. Lemak baik berasal dari sumber yang lebih sehat seperti minyak ikan, biji rami, cokelat hitam, kacang-kacangan, biji chia, dan alpukat.

Ketahui asupan natrium Anda
Ketika Anda mengikuti pola kebugaran yang teratur, tubuh Anda kehilangan banyak natrium dalam bentuk keringat. Jadi, penting bagi Anda untuk tidak membiarkan level turun terlalu banyak dengan menjaga asupan garam yang optimal. Ini karena kadar natrium yang rendah dapat menyebabkan situasi yang disebut ketidakseimbangan elektrolit. Ini bisa membuat Anda pusing dan pusing.

Jangan pernah melewatkan sarapan
Anda harus memahami pentingnya sarapan dalam makanan Anda. Itu adalah makanan paling penting hari ini. Anda sebaiknya mengonsumsi kombinasi protein, lemak, dan karbohidrat di pagi hari.

Jalan setelah makan
Jalan perlahan setelah makan dan usahakan untuk menjaga jarak 20 menit antara makan dan berjalan. Ini membantu tubuh Anda mencerna makanan yang telah Anda makan dan membantunya tetap bebas dari racun. Ini adalah bagian penting dari membangun stamina. Pertahankan jeda dua hingga tiga jam antara makan malam dan tidur
Anda tidak boleh tidur setelah makan karena itu menyebabkan penumpukan lemak di tubuh Anda. Buatlah aturan umum untuk selalu menjaga jarak setidaknya dua jam antara makan malam dan tidur Anda. Ini akan meningkatkan metabolisme Anda dan meningkatkan pencernaan.

Lakukan latihan beban
Ini adalah salah satu latihan terbaik untuk meningkatkan stamina dan juga daya tahan Anda. Pastikan Anda mengangkat beban dan ini juga berlaku untuk wanita. Mulailah dengan beban yang lebih ringan dan tingkatkan beban minggu demi minggu.

Perhatikan indeks massa tubuh (BMI) Anda
Menjaga BMI yang sehat sangat penting jika Anda ingin tetap aktif dalam hidup Anda. Pembacaan BMI Anda harus kurang dari 25 karena itu berarti Anda memiliki berat badan normal sesuai dengan tinggi badan Anda.

Tetap positif
Tetap positif telah terbukti meningkatkan hasil dengan cara yang positif. Selain itu, jika Anda tetap optimis, tingkat stres Anda akan lebih rendah. Ini berarti kinerja yang lebih baik dan karenanya, stamina yang lebih baik.

Pentingnya keseimbangan
Jika Anda ingin meningkatkan stamina, triknya adalah menjaga keseimbangan yang ketat antara waktu pemulihan dan rutinitas olahraga. Oleh karena itu, alih-alih melakukan semua latihan keras Anda setiap hari, cobalah untuk menyeimbangkan antara latihan berat dan ringan. Aturan paling sederhana adalah bergantian antara hari-hari latihan yang berat dan mudah untuk mencegah risiko kelelahan dan kelelahan.

Mendengarkan musik
Jika Anda sedang mencari cara untuk meningkatkan stamina Anda, kami sarankan untuk mencolokkan headphone Anda dan mendengarkan bop favorit Anda. Sebuah penelitian telah dibuktikan bahwa mendengarkan musik selama berolahraga memiliki dampak dramatis pada efisiensi jantung Anda, karena detak jantung Anda melambat dan Anda dapat berolahraga dengan lebih efisien. Mendengarkan musik sambil berolahraga juga dikenal untuk menunda kelelahan dan meningkatkan performa Anda.