Awas! Ini 5 Penyakit Ganas akibat Sering Pinjam-meminjam Sisir

Rabu, 30 September 2020 – 10:05 WIB

Ilustrasi (foto: istimewa)

Ilustrasi (foto: istimewa)

JAKARTA, REQnews - Mungkin kamu di rumah terbiasa, menggunakan satu sisir yang dipakai oleh seluruh anggota keluarga. Atau, barangkali kamu tinggal bersama teman-teman, yang juga melakukan hal sama.

Ingat, ada bahaya mengintai loh jika kamu membiarkan sisir dipakai ramai-ramai. Pasalnya, ada beberapa penyakit dari rambut dan kulit kepala yang ternyata menular.

Nah, penyakit apa saja yang disebabkan karena pinjam-meminjam sisir? Berikut ulasannya.

1. Kutil

Siapa bilang kutil hanya tumbuh di kaki atau tangan saja, di kepala pun bisa loh. Kutil disebabkan karena human pappilomavirus, yang menyebar setelah terjadi kontak dengan pengidapnya. Salah satu kontak paling memungkinkan adalah penggunaan satu sisir secara berjemaah.

2. Psoriasis

Penyakit ini sangat berbahay bagi kulit kepala, dan sifatnya menular. Bila kamu mengalami masalah ini, akan muncul bintik-bintik kemerahan, yang kemudan menjadi bercak-bercak, lalu merusak rambut.

Penyebabnya adalah jamur yang menular, salah satunya dari pinjam-meminjam sisir, atau memakai satu sisir secara beramai-ramai.

3. Impetigo

Biasanya, penyakit rambut ini menular pada kalangan anak-anak, meskipun di usia dewasa juga kerap terjadi. Disebabkan oleh mikkroorganisme yang masuk melalui luka di kulit kepala, impetigo biasa menyebar akibat pemakaian sisir secara bersama-sama. Akibatnya, kulit kepala menjadi kering, lalu membentuk kerak berwarna kuning.

4. Kudis

Bil ada tungau kecil di kulit kepala yang kemudian bertelur, siap-siap kamu bakal kudisan. Lalu dari mana tungau tersebut menyebar? Ya, salah satunya adalah lewat sisir. Jadi, berhati-hatilah.