Tips Mencuci Tangan yang Benar Agar Terhindar dari Corona

Jumat, 02 Oktober 2020 – 06:03 WIB

istimewa

istimewa

JAKARTA, REQnews - Di tengah kondisi pandemi yang belum mereda, mencuci tangan menjadi salah satu cara paling ampuh dalam upaya menangkal penyebaran virus corona (Covid-19).

Seperti diketahui, mencuci tangan merupakan aktivitas sederhana yang sering dilakukan. Tujuannya, agar tangan menjadi bersih. Hanya saja, kadar bersih setelah mencuci tangan bisa berbeda-beda pada setiap orang.

Ada orang yang mencuci tangan hanya dengan air yang ditempatkan di dalam wadah, ada yang mencuci tangan dengan air mengalir tanpa sabun, ada pula yang cucitangan dengan air mengalir serta sabun. Opsi terakhir adalah yang paling tepat, yakni mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

Tapi ada lagi syaratnya supaya kegiatan mencuci tangan yang kita lakukan benar-benar membuat tangan menjadi lebih bersih. cuci tangan pakai sabun dan air mengalir memang pilihan terbaik, namun ada 'tapi'-nya lagi, yakni bagaimana metode dan durasi cuci tangan.

Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) kembali mengingatkan pentingnya cuci tangan di masa pandemi Covid-19. WHO merilis bagaimana langkah demi langkah mencuci tangan yang benar demi mengusir bakteri dan virus yang menempel pada tangan.

Basahi kedua telapak tangan dan punggung tangan sampai ke pergelangan tangan. Gunakan air bersih yang mengalir baik dalam suhu hangat maupun dingin. Kemudian ambil sabun dan oleskan ke dua telapak tangan, punggung tangan, pergelangan tangan serta sela-sela jari.

Gosok tangan dengan seksama selama 20 detik. Kenapa harus minimal 20 detik? Sejumlah penelitian membutikan mencuci tangan selama 20 detik atau lebih mampu menghilangkan lebih banyak atau sekitar 90 persen kuman di tangan, ketimbang mencuci tangan dalam durasi yang kurang dari itu.

Gosok bagian telapak tangan, punggung tangan, pergelangan tangan, sela jari-jari dari ujung sampai pangkalnya, dan di bawah kuku. Bakteri dan virus bisa bersembunyi di mana saja, bahkan ketika tangan kita terlihat bersih secara kasat mata. Tapi jika ditelisik lebih dalam, mungkin masih ada yang terselip di celah kuku atau cincin bagi yang mengenakannya.

Pastikan tidak ada sabun yang tertinggal atau bagian yang masih terasa licin saat mencuci tangan. Keringkan dengan handuk bersih atau diangin-anginkan. Pakailah handuk tadi atau tisu untuk menutup keran air. Jangan sampai kerja kerasmu saat mencuci tangan sia-sia karena terkena kuman lagi ketika menutup keran air.