Tips Merawat Perhiasan, Biar Tetap Kinclong saat Kondangan

Minggu, 11 Oktober 2020 – 15:34 WIB

Ilustrasi (foto: istimewa)

Ilustrasi (foto: istimewa)

JAKARTA, REQnews - Sering punya masalah bingung memilih perhiasan saat akan ke acara nikahan atau gathering gitu? Apa karena berlian atau batu permata di perhiasan kamu warnanya memudar, nggak bersinar lagi ya?

Ya, perhiasan menjadi salah satu aksesoris favorit wanita-wanita sosialita saat ke sebuah acara yang ramai. Apalagi, semakin mahal jenis batu permatanya, semakin bergengsilah pemakainya. Namun, seringkali berlian atau batu ini memudar karena usia dan kurangnya perawatan.

Nah, bagaimana sih caranya, agar berlian atau batu alam pada perhiasan tetap kinclong, meski usianya sudah lama dan sering dipakai? Coba cara berikut ini, dijamin sukses.

1. Hindari dari Zat Kimia

Khusus kamu yang punya segudang produk kecantikan, awas, jangan sampai bahan-bahannya terkena batu perhiasan atau berlian yang memiliki warna. Zat-zat kimia yang terkandung di dalam produk kecantikan sudah terbukti perlahan memudarkan warna pada permata.

2. Jauhkan dari Sinar Matahari

Sinar matahari dan panas berlebih lama-kelamaan bisa memudarkan batu permata. Bahkan, yang sekelas topaz atau ametis dan kalimaya pun tak mampu jika terus-terusan terpapar sinar matahari. Ini pun berlaku jika kamu memiliki mutiara asli, hindarkan dari sinar matahari jika tak ingin rusak dan keropos.

 

3. Jangan Dibawa Berenang

Kamu pasti kurang kerjaan banget jika membawa perhiasan seperti batu permata atau emas ke dalam kolam renang. Soalnya, air kaporit dapat memudarkan permata, dan mengikis karat pada emas lho! hati-hati ya, jangan sampai perhiasanmu jadi tak bernilai lagi.