5 Makanan yang Harus Dihindari untuk Para Hakim yang Menderita Asam Urat

Minggu, 18 Oktober 2020 – 05:02 WIB

5 Makanan yang harus Dihindari untuk para Hakim yang Menderita Asam Urat

5 Makanan yang harus Dihindari untuk para Hakim yang Menderita Asam Urat

JAKARTA, REQnews- Sebagai seorang hakim tentu kesehatan adalah yang paling utama. Terlebih saat jadwal padat hingga tak lagi sempat mempertahikan makanan yang harus dijaga. Hal ini menumbulkan banyak penyakit termasuk Asam urat. Asal tahu saja, asam urat terjadi ketika tubuh kelebihan kadar purin lantas membentuk kristal di persendian. Karena itu beberapa makanan yang mengandung purin tinggi adalah salah satu yang jadi pantangan penderita asam urat.

Purin merupakan senyawa kimia tertentu yang ditemukan pada beberapa makanan, dipecah menjadi asam urat. Konsumsi makanan yang tinggi purin akan meningkatkan asam urat dalam tubuh. Biasanya, asam urat ditandai dengan radang sendi dan batu ginjal yang bersifat kambuhan.

Berikut makanan dan sayuran pantangan penderita asam urat:
 

1. Makanan laut
Meski terlihat enak, para penderita asam urat terpaksa harus menahan hasrat untuk menyantap makanan laut. Beberapa makanan laut yang harus jadi pantangan dikutip dari laman Medical News Today di antaranya ikan sarden, ikan haring, ikan kembung, teri, telur ikan, kerang, tiram, kepiting, lobster dan udang. Jika Anda benar-benar sedang ingin makan ikan, salmon bisa jadi pilihan aman lantaran kandungan purinnya lebih rendah dibanding ikan lainnya.

2. Jeroan dan daging merah
Ragam jenis daging, khususnya domba, memiliki kadar purin yang sangat tinggi. Selain itu dikutip dari laman kesehatan Healthline, aneka jeroan seperti usus, otak, paru-paru, hati, lidah dan limpa hewan pun tinggi pula kandungan purinnya. Namun bukan berarti lantas tak boleh makan sama sekali, Anda hanya saja perlu mengontrol agar konsumsi daging merah dan jeroan per harinya tak berlebihan

3. Bayam dan asparagus
Bayam merupakan sayuran yang tinggi zat besi, vitamin C, betakaroten, flavonoid dan luteins. Akan tetapi bayam juga mengandung purin. Tabel makanan AcuMedico menyebut, ada 57 gram purin untuk setiap 100 gram bayam. Asparagus pun demikian.

Namun begitu sekalipun mengandung purin, keduanya tak menyebabkan kerusakan sebanyak purin yang berasal dari produk daging. Ini karena purin pada sayuran dapat dikeluarkan tubuh dengan mudah daripada purin dari produk hewani.

Hanya saja, jika Anda penderita asam urat maka sebaiknya hindari konsumsi bayam dan asparagus. Jika dikelompokkan, sayuran hijau masuk dalam kategori makanan dengan kadar purin rendah.

4. Makanan Siap Saji
Selain miskin gizi dan tidak sehat, makanan siap saji seperti kornet, daging cincang, sarden kalengan, abon dan dendeng memiliki kandungan purin yang tinggi. Karena itu pastikan para penderita asam urat menghindari makanan-makanan instan ini.

5. Kacang-kacangan

Memamg mengasyikan ngobrol sambal mengonsumsi kacang, namun perlu Anda ketahui jika kacang-kacangan memiliki purin yang lebih rendah ketimbang produk daging. Sejumlah kacang-kacangan yang mengandung purin di antaranya kacang hijau, kacang kering, kacang tanah, tauge dan melinjo.