Ritual Unik Makan Bersama Keluarga Ala Nadiem Makarim, Matikan HP hingga TV

Senin, 19 Oktober 2020 – 08:30 WIB

Nadiem Makarim bersama keluarga (Foto: Istimewa)

Nadiem Makarim bersama keluarga (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim punya ritual unik tentang bagaimana mendidik anak yang tepat. Ritual unik tersebut yakni membiasakan makan bersama di meja makan dan melarang penggunaan ponsel, termasuk tidak menyalakan TV.

"Makan bersama adalah ritual penting di keluarga saya. Aturannya tidak boleh ada HP maupun TV menyala saat makan," tulisnya saat mengunggah foto di akun Instragramnya.

Menurut putra Nono Makarim ini, makan bersama adalah saat yang tepat untuk mengkonsolidasikan keluarga. Di kondisi itu, kata suami Franka Franklin ini, Ayah, ibu, dan anak memiliki hak menyampaikan pendapatnya dan saling bertukar pikiran dalam suasana yang akrab dan hangat.

"Makan bersama adalah saatnya berdiskusi, bertanya jawab, dan menunjukan anak-anak kita bahwa kita adalah satu tim yang kompak," tulisnya.

Unggahan Nadiem mendapatkan pujian dari para sahabat dan pengikutnya. Mereka sepakat dengan konsep waktu keluarga yang tercipta saat makan bersama ini. "Peraturan sederhana yang membawa dampak luar biasa," tulis akun @william_sandjoyo. "Gak cuma mentor pendidikan tapi mentor parenting. Menteri yg sangat cerdas dan hangat," kata @danardwsatrio.

Diketahui Nadiem juga menggagas konsep pendidikan Merdeka Belajar, sebuah program yang mengajak siswa belajar dengan tanpa rasa takut dan tertekan. Konsep ini diawali dengan kemampuan guru untuk mengkreasikan cara belajar yang memancing keingintahuan dan diskusi dengan anak didiknya.