Waspada, Gangguan Jiwa Berawal dari 4 Kondisi Psikologis Ini

Sabtu, 24 Oktober 2020 – 11:33 WIB

Ilustrasi (foto: istimewa)

Ilustrasi (foto: istimewa)

JAKARTA, REQnews - Anda pastinya tak mau kan mengalami masalah gangguan jiwa hingga disebut sebagai orang gila oleh masyarakat di sekitar lingkungan? 

Untuk itu, Anda perlu mengetahui empat kondisi psikologis, penyebab awal munculnya masalah gangguan jiwa. Dengan mengetahui kondisi ini, tentu saja penanganan bisa dilakukan lebih awal dengan cara-cara yang tepat.

Menurut psikolog RS Mitra Keluarga Waru Surabaya, Naftila Kusumawardhani, empat kondisi psikologis tersebut adalah frustasi, konflik, tekanan dan krisis.

“Kalau kita bisa mengetahui (prosesnya) sedini mungkin, pertolongan bisa diberikan dan harapannya distres itu bisa diminimalkan,” kata Naftila dalam webinar Kementerian PPPA, belum lama ini.

1. Frustasi

Fase ini dipicu oleh keadaan seseorang yang menginginkan sesuatu, namun terhambat. Kemudian, orang tersebut merasa hambatan itu begitu berat dan sulit diatasi.

2. Konflik

Fase ini terjadi ketika seseorang dalam kebingungan memilih dua kondisi. Naftila mencontohkan, ketika seorang suami harus memilih antara istri atau orang tuanya, bisa juga memilih antara anak pertama dan kedua, serta lainnya.

3. Tekanan

Fase ini bisa berupa tuntutan dari dalam maupun luar, yang datang bertubi-tubi secara terus-menerus, bertumpuk dengan waktu yang lama.

“Kondisi ini akan membuat seseorang ada dalam tekanan, dia akan cape, gak cuma fisiknya tapi mentalnya juga,” ujar Naftila.

4. Krisis

Fase keempat adalah krisis, yang dipicu oleh kondisi stres mendadak akibat sesuatu yang tak terprediksi sebelumnya. Sebagai contoh, pandemi Covid-19 yang muncul ketika banyak orang tidak siap menghadapinya.